Umur 50 Hari, Si Licin Berkumis Dipanen

3 05 2007

Sesuatu yang sungguh-sungguh dikerjakan serta diLakukan dengan teLaten maka akan membuahkan hasiL yang baik

Kata-kata bijak itu senantiasa terngiang & sangat memberi dorongan tenaga Luar biasa daLam setiap sepak terjang saya di dunia usaha. Akhirnya satu Lagi buah manis dapat saya (&rekan-rekan) petik sebagai hasiL kerja keras seLama ini. Usaha pembesaran Si Licin Berkumis aLias LeLe sukses dan dapat kami panen, bahkan dengan tanpa susah payah ternyata pedagang pengepuL Langsung datang ke koLam kami untuk membeLi hasiL panen.

Sebenarnya ini sudah Lewat beberapa hari yang LaLu tepatnya pada tanggaL 23 ApriL 2007 tetapi karena foto-foto baru sampai pada saya kemarin, jadi baruLah sekarang saya bisa menampiLkannya di sini. Mengenai artikeL budidaya LeLe akan saya tampiLkan secepatnya sehingga bagi para pembaca yang berminat bisa Langsung mengikuti jejak saya (&rekan-rekan) secara mandiri di daerah masing-masing. Mohon sabar menunggu…

PerLu untuk diketahui bahwa usaha saya (&rekan-rekan saya) untuk LeLe ada 3 macam, yaitu:

  • Pembenihan LeLe
  • PenjuaLan Benih LeLe
  • Pembesaran LeLe untuk Konsumsi

Lokasinya di daerah Tanon - MaLangjiwan – Kebonarum, KLaten (sekitar setengah jam perjaLanan dari Yogyakarta).

Foto-foto Panen LeLe :

(koLam penuh LeLe siap panen)

(koLam yang siap dipanen seteLah airnya dibuang keLuar) 

(LeLe siap dipanen)

(LeLe siap dipanen)

(LeLe disortir sesuai ukuran dengan ember khusus) 

(ember khusus untuk menentukan ukuran LeLe) 

(pedagang pengepuL siap menimbang LeLe yang dipanen)

(LeLe dipanen menggunakan jaring serok untuk disortir) 

Foto-foto di atas adaLah panen 1 koLam, yang sempat terekam kamera tidak secara menyeLuruh karena seteLah disortir sesuai ukuran (besar, sedang &keciL) kemudian ditimbang, maka LeLe Langsung dimasukkan ke jerigen-jerigen miLik pedagang pengepuL yang datang ke koLam.

SaLam…

About these ads

Aksi

Information

177 tanggapan

4 05 2007
papabonbon

wah, invest nanam lele toh ?

13 09 2011
LELA SURAMADU LOVES CATFISH

kalo mau ambil kredit sepeda motor, bisa dibiayai dari invest lele-nya.

5 05 2007
arezk

@PapaBonbon:
BetuL Bang… saLah satu Lini usaha saya adalah ternak LeLe.
&ALhamduLiLLah merambah ke bbrp yg Lain (yg ada hub-nya dengan dunia ternak&perikanan). Mohon doanya ya Bang…

=SaLam=

7 05 2010
amin alkhalik

kami ada minat,tp mau bljr dl sm anda,makasi

9 07 2010
mawardi

tolong dong dimana sy harus beli RDS

20 05 2007
akmal

mohon bagi ilmunya dong mas, kita juga pengem usaha ky mas. aku di sby

arezk :
terimakasih sudah berkunjung ke BLog saya
insyaALLah akan akan tampiLkan cara yang saya jaLankan untuk LeLe bisa panen daLam waktu 50 hari
doakan saja bisa secepatnya…
=SaLam.dr.Jogja=

5 09 2010
hardianata adja

gmna caranya ????????????
aku pengen tau banget nich

24 07 2011
antolele

saya terima pelatihan bagi yg mau beternak lele buka aja d antolele89.@blogspot.com

21 11 2011
Aris

Mas saya minta no.hpnya jd klo saya brkunjung ke klaten tidak bigung.saya nie pemula ternak lele pengen bgt bisa

29 08 2007
yoyok

Siang Bang Arezk,

Saya selama ini hanya punya angan – angan untuk ternak lele, ternak lele dan ternak lele, tetapi itu hanya sebatas angan – angan. Memang sih karena ada beberapa kendala, terutama modal. Tetapi setelah saya baca artikel bang Arezk keinginan saya jadi lebih kuat dan ingin mewujudkannya. Kebetulan karena saya juga di klaten (pedan). Jadi saya berharap bisa menimba ilmu di tempat bang Arezk cara beternak lele, boleh ya bang.

terima kasih atas artikelnye untuk menggugah saya kembali
saya harap bang Arezk mau membantu saya

nuwun

ArezK :
Met KenaL Bro/Pak Yoyok, terimakasih sudah berkunjung ke bLog saya.
Saya bersyukur jika artikeL yg ada disini bisa bermanfaat & menambah semangat Anda untuk beternak LeLe.
Smoga dengan haL ini akan semakin menambah semangat saya juga untuk terus menampiLkan artikeL tentang pertanian&perikanan yg bermutu serta bermanfaat bagi semunya, amien…

SiLakan Anda bisa datang, meLihat Langsung & mungkin sekaLigus beLajar ke Tanon – MaLangjiwan – Kebonarum – KLaten,
disana ada beberapa orang yang ternak LeLe sacara intensif (Mas Rusdi, Mas Tri, Mas Agus dLL), saya posisi di Jogja & untuk saat ini kebetuLan mengurangi frekwensi di KLaten (makLum ada bbrp pekerjaan yg harus dijaLankan di Jogja).

Demikian dari saya, semoga bisa membantu.
=SaLam.dr.Jogja=

5 09 2010
hardianata adja

aku hanya bisa belajar melelui OL krn tinggal ku jauh dari jogja

30 08 2007
yoyok

terima kasih atas keterbukaannya dan mau berbagi ilmu, mungkin sewaktu waktu saya akan berkunjung ke Tanon.

Dan saya usul buat mas Arezk kalau bisa disela – sela kesibukannya untuk tetap menulis tentang Pembenihan, Penjualan dan Pembesaran ikan lele semoga bisa lebih menambah ilmu bagi kita.

Terima Kasih
Nuwun

ArezK :
Terimakasih Mas Yoyok sudah berkunjung Lg…
Mengenai tuLisan tentang LeLe, memang saya bener”beLum sempat untuk menampiLkannya…
(data” +foto sudah ada di komputer hanya beLum sempat saya susun)
doakan semoga saya bisa segera punya waktu cukup untuk mereaLisasikannya, amin…

Mari Terus Berkarya!

=SaLam.dr.Jogja=

23 10 2007
Adit

Hi Mas Arezk,

wah sukses yach usahanya…btw mo sharing dunx…sy juga lg belajar ternak lele nech…and sayangnya saya sudah mulai nernakin dari bulan April 2007 tapi kok sampai sekarang beratnya masih 1:12-13 yach???saya mulai dari berat 1:30…and pertama2 saya coba feedingnya everyday tapi ga ada kenaikan yang signifikan…trus skrg sy lg coba untuk pemberian pakan 2 hari sekali…need help dunx…
1. Lele bagusnya di kolam tanah or yang ditembok yach????soalnya kolam saya tembok smua
2. Is it ok kalo kolam yang tembok, bawahnya ga dikasih tanah??or bagusnya dikasih tanah???
3. Dari pengalaman Mas Arezk bagusan mana…lele dikasih makan tiap hari or dua hari sekali???

Thanx before

25 10 2007
Djuwandi Hantarbumi

Mas Arezk, Saya sudah 2 X berkunjung Ke Tanon, Malang Jiwan, Klaten. Tapi kok tak ketemu Anda. Terakhir kira-kira September kemarin. Saya kerja di Jakarta tapi kolam saya di Klaten, Belakang SMK II/ STM di Senden Klaten. Yo kita bikin komunitas Lele di klaten. Saya sudah kunjungi di Manjung ada yang sudah mulai membuat pembenihan disamping pembesaran. Katanya di Drono juga ada. OK kita ketemu di darat kapan-kapan.

25 10 2007
Himawan

Mas Arezk,

Salam kenal, saya tertarik dengan tulisan mas.. kebetulan saya juga baru mulai mencoba-coba ternak lele kolam saya di selatan KidFUn di Jogja, bolehkah saya mampir? bisa minta alamat lengkap dengan ancer2nya, serta no telepon mas Arezk, kapan-kapan kalo ada waktu dan kesempatan saya coba mampir ke tempat mas Arezk, untuk sharing beternak lele….

Thanks,
Himawan.
Jogokaryan, Yogyakarta
Hp. 08157986660

25 10 2007
Wahyu

siang pak….
kalo gak keberatan, boleh dong bagi bagi ilmu…
aku lagi interest banget niy sama ikan yang satu ini…

6 11 2007
priey jakal

oya saya baru rencana ingin beternak lele, minta tipsnya dooooong , sekalian perkenalkan obat pemacu alami dan penanggulangan penyakit. thanks

priyatno karangwuni yogya

8 11 2007
faris

malem mas,,,,,,
aku sedang tertarik budidaya lele,kebetulan di pekaranganku ada tanah kosong tapi sekarang udah dipake buat kandang ayam,aku punya rencana mo bikin kolam lele di selokan sekeliling kandang ayam..
gimana mas bisa ga kalo kolam lele ukurannya 5mx50cmx50cm (panjangxlebarxkedalaman),Kalo ukuran kolam segitu bisa ga buat piara lele???en berapa ekor lele yang bisa dipiara

24 11 2007
Mirza Afrian

saya berminat nih bang…..
tapi,kendala nya di cara bang…
kira” ada yg bisa bantu gak ya??

27 11 2007
mdna

salam kenal mas, bisa minta artikel yang lebih lengkap dan detail lagi?
tanks..

13 12 2007
Toto Kiryoto

Dear Mas ,
Saya wong Klaten asli ( Gondang) yg saat ini kerja di Qatar, saya sangat tertarik sekali dg ternak lele apa algi hoby saya dan keluarga makan pecel lele, Saat ini kami sekeluarga tinggal di Cilegon Banten, sedang waktu cuti Saya dlam kerja 28 : 28 jadi banyak waktu luang pada saat libur di Indonesia, Saya sangat tertarik sekali untruk investasi di ternak lele, Insyaaloh nanti bulan januari ini saya akan pulang ke klaten dan akan mampir melihat langsung tata cara budi daya ikan lele yg baik, demikian dan terim kasih atas Ilmu keberhasilan Mas Mas semua untuk membantu kita kita yg pingin usaha mandiri..Bravo Klaten ….

20 12 2007
Henry

saya tinggal di cileungsi, bogor dan tertarik usaha lele. Bisa ikut pelatihan dimana ya, plus info penjual bibit dan pemasarannya sekalian kalau bisa. Sudah coba tanya Trubus tapi media tsb belum ada rencana kursus perorangan kecuali kelompok (15 orang, biaya 750rb). Kalau mau join boleh deh. Tolong ya, kalau ada info di tempat lain. Thanks..

15 01 2008
Nita

Wah cool banget,
kebetulan lagi butuh lele, 1 kg Rp.7000 ,
tp ini di jakarta, dapet ga harga segitu,
Hub nita 0818837154

17 06 2010
santoso santos

gue jg mau kalau harga segitu…….1kg 7 ribu

22 01 2008
markasim

Salam kenal om, saya ini baru mau belajar ternak lele tapi saya masih minim sekali tentang lele saya tiap hari selalu buka- buka di internit ini. achirnya sudah saya coba untuk membuat kolam dari terpal yang banyak dipasaran sekarang baru umur dua minggu kelihatanya sehat-sehat gak ada yang mati . disamping itu saya juga menjual bibit ke tetangga, karena dia sangat tertarik . masalah yang saya hadapi adalah permintaan yang sangat banyakdan persediaan pakan . yang perlu saya tanyakan bagaimana cara menanggulangi apabila terserang penyakit ? perlu tambahan vitamin apa tidak , apa namanya ? yang terakir obat – obat apa yang diperlukan ? terima kasih .
alamat : Jl Tengger K .XVII Surabaya .

22 01 2008
markasim

SEBAGAI GENERASI MUDA MARI PERBANYAK INOVASI – INOVASI YANG LAIN semoga apa yang kita perbuat mendapat apa yang kita cita-citakan Amin.

No Hp 081 330 654 757 .

1 03 2008
pera

nyoba ah…
thanks

10 03 2008
Putra

Haloo..
Salam kenal…
Mau Tanya.. kenapa 50 hari sudah di panen ??
itu besaranya atau per kilonya jadi isi berapa ekor.. mas..
saya juga coba2 bikin.. di Denpasar…
http://tabanankarangasem.blogspot.com/
sharing informasinya .. ya mas..

18 03 2008
merna

Salam kenal Mas,

Aku belajar ternak lele uadah 6 bulan dan baru panen 1 bulan yang lalau, pada awalnya aku masukan benih lele 100 ekor dan yang aku panen hanya 25 ekor, gimana caranya untuk memeksimalkan lele yang hidup agar tidak banyak yang mati. suwon

18 03 2008
merna

oyaaa….. tolong di kasih jawaban ke emai ku merna_ct@yahoo.com matur nuwan Mas.

25 03 2008
Eri Ambo

Bagus.. Banget..
Gimana caranya Aq bisa jadi member..?
Karna Aq ada lahan seluas 20×20 m.
Aq ingin beternak Lele.
Tolong Gimana caranya Aq bisa mewujudkannya.
Thank`s.

25 03 2008
Eri Ambo

Gimana caranya mas supaya aq bisa jadi memmber..?
Tolong E-Mail Aq…

11 04 2008
moelia

Salut, u ms arezk yg berjiwa wira usaha bgt. aq jg pengen beternak ikan lele tuh, bisa minta tips2nya gk? meski aq dah kerja, tpi sbg SP aq bth penghasilan tambahan or usaha sampingan yang bagus. minta tipsnya ya……please…. biar bisa panen tepat waktu n jumlahnya gk susut banyak. Tlg email-in ke muli_asani@yahoo.com ya ms? mksh…….. Wassalam

19 04 2008
mazjoe

ooke deh aku juga coba dah umur 1 bulan ..curhat nich ..penyakit apa yang biasa menghantui pad umur sekian coz kemarin baru 1 minggu juga sakit hampir 1000 yang tewas dari 11000 katanya penjual bibitnya .. ukurane dulu ku masukkan kolam 4 cm katanya penjual tapi toh banyak yang kecil gitu…..

23 04 2008
Rahmat

tolong bos ajari saya cara pembibitan lele, kalau memang diperlukan saya akan usahakan ke tempat anda. atau kalau memang ada saya minta panduan pembibitannya dikirim ke email : rahmat2503@yahoo.com, trims sebelumnya

6 05 2008
yos satria

Mas Arez Yang baik..
wah bagus, Saya juga tertarik dengan usaha lele ini, tapi kayanya persiapan dan ilmunya juga harus matang…O ya saya pernah baca di koran bahwa pemeliharan lele bisa mengunakan kolam buatan dengan menggunakan fiber.. Benar Nga mas ?

2 06 2008
amin

ass..bos, bisa ajarkan saya tentang tatacara & langkah2 pembibitan ikan mas, bawal, patin, gurame, nila. bisa minta artikel2 or catatan referensinya kah..makasih bgt

13 06 2008
indra

Salam knl mas arezk,
Mau tanya nih.. Ada nggak ternak lele yang modelnya bagi hasil.
Saya mau berbagi modal dengan orang lain, dalam arti saya ikut invest di situ sedang pengelolanya adalah orang lain..
Kira2 jika ada.. dimana ya alamatnya?
Dan untuk buka 2 kolam sekaligus , dibutuhkan modal berapa?
Thanks sebelumnya.

Rgd

Indra di Klaten

18 06 2008
adi

saya ingin juga cari penghasilan luar,,,,,, tapi saya tidak tau harus bagaimana aku sudah coba pelihara lele ini tapi sekarang aku ndak tau beli dmn benihnya, kalo udah waktu pemasaran juga bingung…….. mohon dibantu??
trima kasih
adbont

18 06 2008
adi

kalo maw bantu tolong kasih saran diemail: adi_bonet@yahoo.co.id
trims banyak..!
by adbont

1 07 2008
indra

Salam knl mas arezk,
Mau tanya nih.. Ada nggak ternak lele yang modelnya bagi hasil.
Saya mau berbagi modal dengan orang lain, dalam arti saya ikut invest di situ sedang pengelolanya adalah orang lain..
Kira2 jika ada.. dimana ya alamatnya?
Dan untuk buka 2 kolam sekaligus , dibutuhkan modal berapa?
Thanks sebelumnya.

Rgd

Indra di Klaten
marcomelindra@yahoo.co.id

17 07 2008
Tarsito

Hai salam kenal smuanya,saya juga sangat tertarik untuk berternak ikan lele,mohon bagi ilmunya dong.ni almt email saya, sito.cahcilacap.tarsito8@gmail.com thanx seblmnya.

22 07 2008
tommy

salam mas arezk…..saya sudah lama berternak lele kira2 sudah tiga tahun meneruskan usaha kakak saya dia sudah 10 tahun..memang berteknak lele untuk bisa menghasilkan uang dan kalau di kerjakan secara profesional malah kita bisa mendapatkan untung yg besar malah bisa mengalahkan karyawan….maksudnya secara profesional adalah..1 tentang pemilihan bibitnya….
2 pembeliat pakan yang dianggap paling bagus
3 cara pemberian pakannya
4 manajemen yang bagus
saya biasanya menebar bibit itu ukuran 3 cm ,jumlah bibitnya 20 ribu itu bisa menghasilkan 16.5 kw lele trus kita membutuhkan pakan sebesar pakan 50 sak,untuk harga disini pakannya Rp190.000 skr ini mau naik lagi katanya,trus keuntungan kita lumayan cukup lah untuk ukuran kita Rp 4 juta – 5 juta sekali panen,untuk bs panen setiap bulan kita harus ada regenerasi maka kita harus minimal ada 4 kolam ,2 untuk kolam penampungan bibit..trus 2 kolamuntuk pembesaran lele konsumsi..trimmakasih

25 07 2008
indra

pak tommy..
boleh tanya Anda tinggal di mana..
adakah usaha demikian yang menggunakan metode bagi hasil.. dimana disiru ada investor dan pelaksana bisnisnya..
primakasih

28 07 2008
tommy

trimakasih pak indra sudah baca tulisan saya
saya tinggal di madiun
usaha ini murni tidak ada metode bagi hasil,atas biaya sendiri
dulu modal saya itu cuma Rp 600 ribu trusaku hutang ,
padahal biaya waktu itu biaya semua 5 juta,trus kita jalanisampai sekarang
dan alhamdulilah kita sudah punya modal sendiri…
bisnis ini kalau kita tekuni dengan serius pastimenguntungkan,
di madiun gak ada investor cuma ada tengkulak lele ,makanya berapapun jumlah yg kita panen pasti ada yg beli…kalau blum jelas kirim ke mail ku
repoot@plasa.com..trim pak indra

18 05 2010
pak agus

salam kenal pak tomy,
saya pak agus dari ngawi pak.
boleh saya petani lele,kalo boleh saya minta no. telp bapak atau alamat njenengan.agar bisa kerja sama pak???trimz

31 07 2008
Iman

tolong dong kirim informasi cara memijahkan ikan lele tersebut dan kirim email ke iman_suriaman@yahoo.co.id

4 08 2008
tommy

cara mijah itu sebenar nya gampang pertama kita harus punya induk lele yang umur nya sudah satu tahun lebih
1 kita siapkan dulu kolam mijah dan harus airnya baru dan bersih
2 kita kasih untuk bertelur lele itu bisa dari sapu yg item itu namanya
duk…trus di buat panjang dan di kasih bambu di tengannya
3 trus di pilih lele yg betina dan pejantan satu kolam bisa satu jantan dan tiga betina
4 tunggu satu malam sampai bertelur ,kalau sudah bertelur di ambil induk nya
5 kira2 satu malam telur menetas trus duk(tempat bertelur) diambil supaya tidak keracunan
6 tinggal memelihara dan membesarkan ,untuk umur 2 hari di beri cacing lor hingga 1 minggu
trus..

27 08 2008
adi

kang punten minta panduannya sama celah pemasaran dan alamat penjual benih ukuran 10-12 cm yang ada di daerah jawabarat, terima kasih atas bantuannya

6 06 2009
iman

kang minta bantuanya dimana saya bsa nyari benh lele untuk daerah serang,terimakash

5 09 2008
wira

areskum kirim emal ke aku caranya,,,,ok

24 09 2008
donyirawan

quote:
tommy (05:46:24) :

trimakasih pak indra sudah baca tulisan saya
saya tinggal di madiun

Mas Tommy, gmn prospek lele di madiun, berapa harga jual /kg dikolam.
sharing info ya.. tks
– rencana juga mau gelar baru di Madiun – Bumimas –
http://donyirawan.wordpress.com/2008/09/22/tips-praktis-ternak-lele/

10 10 2008
julaga

mas arezk,
saya baru mencoba beternak lele. kolam yang dipakai ukuran 16 x 5 mtr. volume ikan 1300 ekor. awal-awal yang mati skitar 50 ekor. air langsung dari gunung. saya ada rencana buat pembenihan lele. tapi saya tidak tahu yang jual indukan yang bagus di daerah bandung dimana. barangkali mas arezk punya kenalan yang dekat daerah bandung . saya tunggu informasinya. sekalian kalo ada tenaga ahli beternak lele yang mau bekerjasama dengan saya.
bisa email saya di : julaga_mh@yahoo.com

thanks banget ni massss.

22 10 2008
Herri Candra (900264)

Mas Arezk,

Saya sekarang di Bantul, pengen mulai usaha ternak lele namun pengetahuan tentang itu masih sedikit sekali..jadi rasa lega sekali ada alumni Magelang yang sudah beternak lele..mas arezk bisa bantu ngasih informasi yang diperlukan untuk beternak lele..thanks..

17 11 2008
edi

thanks info lele nya, lagi cari info buat usaha lele yg nggak pakai kolam atau pakai terpal ( kolam plastik buatan ), thanks

24 11 2008
anto

mas saya anto di bandar lampung
menarik sekali pembahsan tentang pembesaran lele yang mampu dijual dalam waktu 50 hari.
mas boleh minta share ilmunya??
semoga Allah membalasmu AMINN

2 12 2008
DEDI RAKASIWI

mas, kolam ukuran 2*4 meter kedalaman 80 cm cukup untuk berapa bibit? dan berapa kilo pakannya sampai 50 hari yang harus saya keluarin dan satu hari berapa kali makannya. satu kali makan berapa kilo, tlg bantu saya mas. Kemudian gimana cara buat ember sortiran ikannya? Utk yg kecil lubang pada embernya berdiameter brp? Begitu juga untuk yg sedang. Terima kasih ya mas atas infonya.

10 12 2008
dedek wahyuni

mohon info cara beternak lele supaya bisa panen dalam watu 50 hari

20 12 2008
Benaya

mas… mana nih artikel cara budidaya lele sampai pada pemasarannya?
Saya org jogja juga lo….
atau bisa ketemu?
berapa konsultasi per jam?
hehehehehe….
mendesak nih…..
please…..

3 01 2009
uzurna

kalo gak punya tanah luas tapi pingin ternak lele coba aja seperti saya
ternak lele pake drum pastik

http://www.ternaklele.blogspot.com

10 01 2009
Ode TP

mas, saya mau tanya apakan lele dapat bertahan hidup di tempat yang datarannya agak tinggi?pakan yang bagus untuk lele usia 3 minggu apa?

23 01 2009
dann

mas minta penjelasan itu kolamnya ukurannya berapa dengan kedalaman berapa meter? thx ya mas

23 01 2009
dann

klo kolamnya kena sinar matahari langsung,,apakah lelenya akan mati mas..?

24 01 2009
uut

mas aku juga punya kolam terpal. tapi bukan yg dari toko. lebih kuat. setahun masih awet kaya waktu pertama pasang. mbok perlu pesen ke aku….

31 01 2009
agung

boz..saya baru akan mencoba ternak lele..tapi mungkin untuk permulaan pake terpal dulu sampe ada ijin dari ortu tanahnya di buat kolam..
kira2 gmana caranya supaya ikan bisa idup walo pake kolam terpal..???mohon pendapatnya yah…tq

2 02 2009
cahya

wah senang sekali ada org yg mau berbagi ilmu dan pengetahuannya,sy jg tertarik dgn ternak lele,tp sy bnr2 tdk ada pengetahuan sm sekali dgn ternak lele ini,langkah awal apa yg hrs sy ketahui dan lakukan?mohon bantuannya utk org2 yg br mau belajar memulai usaha ini.

1 03 2009
lagorz

Nice Post..Saya sangat tertarik untuk memulai usaha lele ini. Tapi saya tidak tahu harus memulai dari mana. Buat yang baik hati dan tidak sombong agar bisa berbagi pengalaman dengan saya. Minta tolong agar tutornya di kirimkan ke email saya lagorz@gmail.com. Saya sangat berterimakasih sebelumnya.

14 03 2009
bambang rds

bagus banget usahanya. Aq mo tanya mas arezt apa makanan khusus lele stelah ditebar kekolam dngan ukuran sebesar jari telunjuk?

15 03 2009
barik

hallo!! mas say barik dari kediri, saya baru2 ini mulai beternak bebek, dan menurut teman2,sebaiknya dibawah kandang bebek dibuat kolam untuk ikan lele,sehingga kotoran bebek bisa dimakan oleh ikan yg ada dibawahnya,dan bisa efisien menggunakan pakan buatan pabrik,
yang ingin saya tanyakan menurut pendapat mas! baguskah/baikkah saran tamanku itu? lebih kurangnya .Trimakasih yg banyak bos!!!

16 03 2009
allen isege

ada cara khusus ga’ sebelum air dimasukkan ke
kolam maksudnya penumbuh plankton

20 03 2009
yoko

Salam kenal mas, saya yoko dijakarta.disini sy tidak punya lahan buat bikin kolam lele. Tapi bisa nggak y pake drum plastik. Terus setiap drum bisa disini berapa ikan lelenya.dan apa saja yang dipake buat isi drum tersebut.Terima Kasih

14 04 2009
widdy

buat mas yoko di jkt. bisa smpyn lihat di blog ternaklele.blogspot.com disana ada cara ternak lele dg media drum plastik. smg bermanfaat

14 04 2009
widdy

yg butuh pengganti genset u/ backup listrik, info bisa di akses di listrikinverter.blogspot.com
rekan2 yg mau nambah teman bisa mampir ke blog sy di katahati-katahati.blogspot.com

21 04 2009
andi

Baru mau memulai nih. ada saran ga?

28 06 2009
bgNk aZa

Saya baru ingin memulai berternak lele, apakah sama berternak lele di kolam beton permanen dengan di kolam terpal plastik? trus tolong beri tahu spesifikasi cara membuat kolam dengan terpal dari pembuatannya sampai panennya, saya tinggal di daerah depok, apakah di tempat saya cocok untuk berternak lele dengan cuaca di depok yang lumayan panas? Dan boleh tahu ga tempat yang berternak lele/petani lele di depok dan penjual bibit lele di depok? oce. . . makasih yah. . .

29 06 2009
arezk

Terimakasih atas semua perhatian, komentar serta pertanyaan (&jg jawaban) yang disampaikan di halaman ini, &tentunya saya dengan segala kerendahan hati memohon maaf atas kediaman saya selama ini, maaf… karena keterbatasan waktu&kesempatan sehingga saya tidak bisa aktif mengelola blog ini.

OK, ijinkan saya secara ringan menjelaskan apa yang saya lakukan utk usaha lele. Sebenarnya tidak menjadi masalah mau dg media kolam permanen (semen/tanah), terpal /pun drum; yang penting adalah bibit yg baik, pakan yang cukup &memadai nutrisinya, penyortiran ukuran &pengendalian hama.

1. Media Kolam
Apapun media kolam yg dipakai tidak masalah, namun hal yg perlu untuk diperhatikan adalah air yg digunakan sebaiknya netral &tidak tercemar, akan lebih baik utk mengendapkan air pd bak (tempat) terpisah sebelum masuk ke dalam kolam, lele menyukai air yg relatif tenang, cukup beri pemasukan air ke kolam dengan selang/pipa paralon (pvc) /keran kecil untuk pemenuhan kebutuhan oksigen ke dalam media kolam. saya menyiapkan kolam antara 2-4minggu sebelum menabur bibit, dengan menabur kotoran ayam pedaging/petelur (dr pengalaman, yg terbaik adalah kotoran puyuh, saya tidak tahu penjelasannya kenapa bs demikian) sekitar 2-5 cm kemudian diisi air sampai 10 cm kemudian diberi EM4 (ukuran bisa menyesuaikan dg ukuran media kolam, baca di kemasan produk EM4), tunggu 1 minggu dan isi air sampai penuh (80% dr tinggi media kolam), cek kondisi per minggu dengan mencelupkan tongkat ke media (dicolok2-in) jika masih keluar gelembung gas, terasa panas, warna kemerahan berarti media belum jadi, dr pengalaman saya media jadi sekitar 3minggu-an terlihat media berwarna kehijauan (sudah tumbuh semacam lumut), tidak banyak menghasilkan gas & tidak terasa panas lg. Buang 50% air lama dan gantikan dengan air baru sehingga konsentrasi kekentalan air menurun. Jika dirasa media sudah siap, bisa ujicoba melepaskan benih 10-50 ekor, saya biasanya meletakkan kemasan plastik tanpa melepasi ikatannya dulu, pilih pagi/sore hari, bibit dibiarkan sekitar setengah jam sampe ada penyesuaian suhu air dalam plastik dengan air media kolam untuk meminimalisir tingkat stress bibit lele baru. Tidak perlu diberi pakan dulu untuk hari pertama, cek besok harinya jika tidak ada yg mati (atau yg mati tdk lebih dr 50 %) berarti media siap, jika masih belum memuaskan maka air media bisa dibuang lg 50 % dan ganti dengan air baru &silakan ulangi langkah yg sama utk ujicoba penaburan bibit.

2. Bibit & Pakan
Bibit yang baik tentu saja dr indukan yg baik, tapi hal ini tidak mudah jika bibit didapatkan dr penjual di tempat umum (misalnya pasar ikan) karena semua pedagang pasti akan bilang bahwa bibit bagus, untuk gampangnya bibit baik adalah bentuknya baik, tidak cacat, lincah, gesit dan aktif. Untuk pakan saya hanya mengandalkan pakan buatan pabrik, lebih baik jika ditambah dengan probiotik (bentuk cair untuk merendam pellet sebelum ditabur ke kolam lele). 1 hal yang saya pakai sebagai pengganti probiotik adalah air rebusan temulawak, pastikan sudah dingin sebelum dimasukkan ke media kolam.

3. Penyortiran Ukuran
Untuk per angkatan bibit saya menyiapkan 3 media kolam (minimal 2 media kolam), yaitu 1 media kolam awal untuk semua bibit & 2 media kolam lainnya utk keperluan ukuran penyortiran. untuk 2 media kolam selain media kolam utama cukup diisi dengan air biasa. Penyortiran pada umur 20,30&40 hari dengan menggunakan jaring tebar sesuai ukuran media kolam (bukan dengan jaring serok yang bs mengakibatkan lele stress), lakukan pagi/sore hari saat matahari tidak terik. Tujuan langkah ini adalah untuk penyeragaman ukuran &juga penjarangan jumlah populasi per kolam untuk efektifitas pertumbuhan lele. Sebelum Media Kolam Kedua diapakai, buanglah airnya hingga tersisa 50% dan untuk 50% lagi isi dengan air dari media kolam utama sehingga lele tidak stress karena air tidak berubah secara total. Berlaku juga untuk kolam ketiga.

4. Pengendalian Hama & Penyakit
Hama biasanya ular, musang (lingsang), berang-berang, pengedaliannya bisa dengan menjaga kebersihan serta pemagaran sekitar area kolam. Untuk penyakit yang biasa menyerang lele, silakan berkonsultasi dengan toko penyuplai kebutuhuhan pakan ikan, karena biasanya pasti tersedia juga untuk obat-obatan untuk penyakit lele.

Demikian sedikit penjelasan dari saya, berdasar pada pengalaman. Terimakasih kepada semua yang juga sudah menyampaikan hal tentang lele yang tentu saja positif untuk dipraktekkan siapa saja yang tertarik dengan usaha budidaya lele.

Sekian dari saya, sekali lagi terimakasih

27 07 2009
sonny

bagaimana cara? pemasaran ikan lele hasil panenen untuk di konsumsi

31 07 2009
ersis

Saya selalu respect terhadap orang – orang seperti mas Arezk ini. Muda kreatip dan tidak pelit berbagi pengetahuan. Kalau saja Indonesia punya orang seperti mas Arezk ini, 1000 saja , wah pasti Indonesia cepet makmur.
Selamat berkarya mas.

31 08 2009
ardian

mas arek..alamat klaten nya yg jelas mas no brp ..biar saya bs berkunjung untuk belajar budidaya lele,
thx

11 09 2009
Nia Hidayati

50 hari panen ? koq cepet ya ?

11 11 2009
toto

mas..salam kenal…saya sdh mulai kira2 34 bulan lalu dan gagal…dari seribu ekor total sayatimbang (sampe 2 kali dg timbangan berbeda cuman dp ga sampai 100kg…saya sempat putus asa..karena makannan, habis banyak, /…saya berpikir apakah perlu di kasi aerator , mungkin airnya jenuhh dan kotor, (kolam semen ) tidak mengalir..,ke dua …sortir ..kendala saya karena kolam ada 2 masing2 2×4 cukup besar kalo sortir sendirik\ kerepotan…
bln puasa kemarin saya masukkan 1000 (mulai baru) ukuran rata se ibu jari…, tp lha kok sekarang ada satu ekor yang buesarrr sendiri,,,saya jd bingung .., belum ada wktu untuk sortir…(saya jg kerja diluar)…mohon petunjuk masss.. langkah dan apa apa yg mungkin kurang..karena saya di surabaya kurang relasi untuk peternak lele..
terima kasih salam

20 03 2012
dedy

asslm’ salam kenal , ak baru kurang lebih 2 bulan bertenak lele, skrg msih tahap pembelajaran , smoga in jd permulaan peluang kesuksesan untuk saya.

6 12 2009
dimaz

08568339190 sentral bibit lele paiton partai besar dan kecil saya minta kerjasamanya mas tempat saya sentral bibit lele paiton dari kolam bak

6 12 2009
dimaz

kami punya banyak bibit dan berbagai ukuran ada mulai dari ukuran 5;7 6;8 7;9 sampai ukuran remaja dan komsumsi.desa pusmalang wukirsari cangkringan sleman yogyakarta ”ketua pemasaran hasil pertanian warga rahadian surya ….08568339190

7 12 2009
CD cara Budidaya Lele

saya jual cd cara budidaya lele yang benar. dari proses pemilihan bibit sampai panen
sehingga menghasilkan uang melimpah ketika panen tiba. jika berminat silahkan hub.
saya di 081911857815 atau email rozi679@gmail.com. tersedia juga CD budidaya di bid.
peternakan, pertanian, perkebunan, dan perikanan. download katalog CDnya
di http://tinyurl.com/katalogCD

28 12 2009
sutrisno

yg geratsi budidaya lele dengn terpal ada ngak

20 12 2009
dana

mas, bisa minta cp pengumpul lelenya gak???
posisi saya di jogja, tapi bingung buat pemasarannya
thanx before

28 12 2009
dimaZ

bibit dari saya pemasaran lewat saya bisa 08568339190

28 12 2009
sutrisno

saya punya lahan dan modal pengn budidaya lele tolong donk kalo ada yg tahu n mau bagi ilmu budidaya lele dengn terpal, pleasse dikasih tau secepatnya, cp saya 0271 5809278

28 12 2009
sutrisno

trus bagai mana agar bisa 50 hari panen

26 01 2010
dimaz

YOGYAKARTA
saya dari jogja utara tepatnya di cangkringan SLEMAN YOGYAKARTA saya menyediakan bibit lele paiton dari mulai ukuran 2;2 2;3 3;4 3;5 4;6 5;7 6;8 7;9 sampai ukuran remaja 1kg isi 25 sampai 50.,,

dan kami juga menjual konsumsi – golongan A 1kg isi= 7-12

– golongan B 1kg isi =7-9
kami melayani pengiriman pagi jam 6 sampai jam 9
pengiriman siang/sore jam 2 sampai jam4

kami juga menjual INDUKAN berkwalitas unggulan terbaik

kami juga menjual ukuran pancingan galatama

bibit dari kami kami akan bantu sampai pemasaranya.dan kami beri buku panduan cara berbudidaya ikan sampai panen,

serta kami melayani segala jenis bibit ikan
-guramih
-nila
-patin
-koi
-lele
-munjaer
-bawal

kontak pemesanan 08568339190

27 01 2010
koko

salam kenal mas arez…bagi pengalaman donk mas…saya baru budi daya lele skitar 6 minggu .cara beri makan yang baguz itu gmn ya?pa 3x sehari atau sedikit2 tapi sering? trus penyebab lele menggantung itu kenapa?kadang menggantung kadang tidak..padahal airnya hijau bening….

29 01 2010
dennis haruna

mas ikan saya tiap hari mati satu, kalo air dah bau harus di ganti ya mas…
CP.081328246816 asli Brebes

30 01 2010
dimaz

PUSING karena ikan lele pada mati menggantung kena jamur badan lele pada terserang penyakit luka luka,penyakit kembung.

obat murah terbukti ampuh memberantas semua jenis penyakit pada ikan lele,

RDS obat temuan petani karena pengngalamanya memelihara ikan lele ampuh dan terbukti aman.

08568339190

11 02 2010
tedy

salam kenal bang…nich mo tanya lau budidaya lele pake terpal bisa panen cepet ga?trus gmn tuh caranya bisa panen 50 hari…makasih sebelumnya.

21 02 2010
dimaz

Mengenai Saya
Foto Saya

dian rahadian surya

Lihat profil lengkapku
Selasa, 02 Februari 2010
ikan lele paiton cepat dan berbobot

sukses usaha ikan lele
kenalin namaku rahadian saya tinggal di sleman yogyakarta
;; saya ingin berbagi ilmu pada kalian semua,peliara ikan lele awalnya iseng iseng untuk mengisi waktu luang saat aku masih jadi pengagguran.setelah menikmati hasil panen ternyata hasilnya rumayan setelah aku pikir pikir walaupun aku ngak kerja aku punya penghasilan.dan dari situ aku kembangngin ternyata lama lama aku liat usaha ini ternyata menjanjikan walaupun dulu aku peliara ikan jenis ikan lele dombo dan sangkuriang agak lama 75 sampai 90 hari,dari situ aku mendalami ikan lele dan saya dikenalin sama petani lama yang telah menggeluti usaha ikan lele namanya pak aan dan pak agus,ia tinggal di bantul dari dia aku belajar banyak tentang usaha ikan lele,sampai penangngani penyakit penyakit pada ikan lele,dan dari situ aku di kenalin lele yang namanya ikan lele PAITON,awalnya aku pikir sama aja dengan lele lain setelah aku coba ternyata selain laju pertumbuhanya cepat ternyata hasil panen berbobot saya sampai twerkejut dengan hasil panen ikan jenis paiton ini.
;; dan dari situ aku inisiatif untuk membibit sendiri dan pembesaran sampai membuat indukan lele jenis PAITON ini dan mendalami kuwalitas indukan yang bagus dan bermutu.awalnya saya dulu binggung untuk memasarkan hasil usaha saya,eh ternyata ngak akan lari gunungg di kejar para bakul mencium keberadaan kolam kolam saya dan sampai sekarang berlangganan

;; sebenernya kalau mau usaha itu ngak sulit yang penting kita punya prinsib

1.percaya diri
2.jangan panik
3.tetep semangat
4.hadapi semua cobaan dengan senyuman jangan dengan emosi
5.jangan malu
6.bergaulah dengan semua orang yang sopan dan yang baik serta jangan membeda bedakan karena dari dialah kamu akan mendapatkan komsumen hasil usahamu, kenalkan usahamu pada merekan semua jangan malu dan jangan takut gagal, sambut bola jangan berdiri menunggu bola OKE
ni aku kenalin hasil usahaku ikan lele paiton
rincian; kolam ukuran 3×4 dengan kedalaman 100 cm

1.
pembelian bibit ikan lele paiton ukuran 3;5 seharga 90 rupiah/ekor sebanyak 5500 ekor dengan biaya 90 x 5500 =Rp495.000
2.
pembelian pakan apung dengan kadar protein 33%.harga /sak 200.000 isi 30 kg.untuk bibit 5500 ekor memerlukan 15 sak dengan biaya 200.000 x 15 = Rp3.000.000
3.
pembelian pakan tenggelam.1 sak harga 270.000 isi 50 kg
4.
rincian total modal ;Rp495.000 + Rp3.000.000 + Rp270.000 =Rp3.765.000
5.
total bobot pakan 450 kg +50 kg
6.
bobot benih ukuran 3;5 1ooo/0,5 kg total 5500 x 0,5 = 2,750 kg
7.
bobot keseluruhan 502,750 kg
8.
harga konsumsi Rp10.000
9.
obat 25.000

kalau dari segi umun setandar modal diatas menghitungkan bobot pakan ke untungan yang di dapat adalah 502,750 kg x Rp 10.000 = Rp 5.020.750 di kurangngin biaya modal 3.765.000 ke untungan yang di dapat adalah Rp1.255.000 – Rp25.000 biaya obat = Rp1.230.000

tapi hasil fakta di lapangan kolam 3×4 dengan bibit seperti modal di atas dengan bobot pakan 500 kg selama 64 hari manpu panen 575 kg jenis lele PAITON dari bbibit dari ukuran 3;5 sebesar rokok mail.mampu panen dengan bobot maksimal dan memberi keuntungan seperti berikut 575 kg x Rp10.000 = Rp5.750.000 – Rp3.765.000 = Rp1.9850.000 ini adalah hasil fakta lapangan

mulai sekarang jangan panik untuk usaha,yang terpenting adalah kemauan niat dan semangat untuk maju;

bagi anda pembaca blok saya

kami tawarkan hasil usaha saya

*
menjual bibit ikan lele jenis PAITON mulai dari ukuran 2;2 2;3 3;5 4;6 5;7 6;8 7;9
*
menjual ikan konsumsi golongan A 1 kg isi 7-9
*
golongan B 1 kg isi 7-12
*
golongan C 1 kg isi 10-12
*
menjual ikan pancingan
*
menjual INDUKAN lele paiton yang masih di jaga keaslianya yang berkwalitas

bibit kami di jaga dari kolam bak dan berkwalitas unggul sehat dan cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.kami jual dengan harga murah sahabat petani.kami melayani pengiriman selurih indonesia untuk bibit dan indukan lele paiton.

kontak pesanan

Rahadian

08568339190

Sleman Yogyakarta

6 05 2010
edo

mas ,,, q mau tnya,,,, klo d ksik ikan krposan gmn bgus ta buat lele….

15 10 2010
toto

terima kasih pak atas infonya.oh ya bisa tlg kirim info terbaru ke email sy totowindardi@gmail.com.sy sedang belajar ternak lele dumbo.klo kirim bibit ke bndung bisa nggak ya.titip lewat kramat jati apa bus maju lancar. tlg balas.sy di bandung asal wonosari jogja.

5 07 2011
achmad

bapak , saya baru belajar ternak lele perkenalkan saya : effendi di Tempel, sleman. ingin belajar sukses ternak lele dimanakah alamat lengkap bapak. saya tunggu di email : ach,fendi@yahoo.co.id

6 07 2011
Achmad

mas, boleh saya minta alamat lengkapnya. saya berada di daerah tempel, sleman barat. saya baru belajar ternak lele punya 2 bh kolam ukuran 2×4 m. daerah saya dingin apakah baik untuk lele. balasan saya tunggu di email : ach.fendi@yahoo.co.id. thanks before

23 02 2010
ahmad fadlil

waduh mbak q mau tanya secara langsung boleh ngga’?

23 02 2010
ahmad fadlil

skrg q lag mau ternak lele ni mas/mbak. ya kpn2 q telp boleh kan?

6 04 2010
Dewi

Hai mas, bisa dibilang saya ini modal benar – benar minim tapi saya mau punya sampingan buat masa depan, menurut jenengan enaknya saya mulai dengan jumlah berapa?

6 04 2010
krida mashudhy-kediri

gini aja gampang, sesuatu usaha kalo di lakukan dengan hati tidak setengah setengah mungkin bisa berhasil…

kalo masalah modal dikit tak jadi kedala. tapi pikir dulu usaha apa yang cocok dengan modal segitu.. contoh lele, usaha lele bisa dengan modal gede maupun sedikit.. aku usahawan lele, ya masih bisa di bilang newbie, tapi dengan cuman modal 500 ribu aku dah bisa nerternak lele..

sekitar 2 hari yang lalu saya membeli bibit lele ukuran 7cm dengan jumlah 3000 ekor lele dengan harga 330.000 ( 1 april2010 ). dari panen panen yang dahulu atau sebelumnya. aku membuat makanan sendiri buat lele dari sampah sayuran dan selebihnya cuman aku kasih pur lele sedikit. biasa modal ku sedikit cuman bisa. lele aku pelihara sampai kira kira 2,5 – 3 bulan baru aku panen. maaf aku panen ikan bisa sampai 2,5 – 3 bulan coz makanannya sentratnya sedikit banyak dari limbah sayuran.

kalo masalah usaha pasti ada untung dan rugi nya.. kalo aku ukur ukur budidaya lele ini cukup menghasilkan. untung dikit maupun banyak, tinggal cara anda merawat dan menghemat kebutuhan.

mungkin itu saran dari ku.
- krida mashudhy – kediri -
hape: 085 655 711 909
e-mail dan facebook –> krida_kediri@ymail.com

20 04 2010
emy jenita

le. . . .le . . . . . memang susah tp menyenangkan ut jampi setres dan setruk awal bagi para pangsiunan he he he .
kepiye ora sutris tabur benih ukuran bsr rokok jarum .2000 ekor . 2hari yg koit 2 ember cat 5kg. gak jls juml nya brp.lahan di swh ptk kecil luas 30 m2
tapi stlah 3 bln skr ini kl pas diksh mkn kolam msh penuh ikan lele siap goreng .hi hi hi . . . . mau . . . . .?
dg.gambaran bacaan di atas para ahli lele . . . .siap coba lagi ut lele dan nila .trmksih pr peminat di ats banyak ilmu lele masuk di sarang otk ak thanks.ada nila merah uk 5.7 cm kurang lebih 35000 ekor di sawah klm ikan ak 7 s/p 10 hr lagi akan ak jual ganti le le

6 05 2010
edo

salam knal ya,,,… q jga pncinta lele…drma q jga ada pmbibitan,pmbesaran,q pngn tau gmn crax lele cepat besar slama 50 hr

10 05 2010
three

salm kenal ,,,mas q mau tanya ni,,setiap aku peliharan lele pasti ada yang mati jamuran ya…?lha yang saya tanyakan bagamana sih caranya penghilangkan jamur lele agar bisa hilang dan tidak mati….? makasih

15 05 2010
bose

sebaiknya kolam lele ini lebih baik airnya semakin dalam karna ikan ini hidup turun naik keatas kebawah itupun umur diatas satu bulan.kekuatan ikan lele ini ada dilendirnya yang melekat dibadannya kalau disortir pakai ember yang dilobangkan itu bisamerusak ikan lele.lebi bagus disortir pakai tnggan aja dan kita bisa tau berat ikan yang masuk kekolam.kalau saya biasanya meyortir dengan tanggan tingkat kematian tidak ada kalau pun ada tipis sekali,,,,dan kita bisa tahu banyaknya ikan yang masuk kekolam dan kita bisa mengira-ngira berapa kilo hasil ikan yang kita keluarkan,,,,,,atau panen,,,mohon dibalas

29 05 2010
pak agus

update:
saya juga menyediakan BIBIT PATIN,LELE SANGKURIANG,DUMBO,PAYTON,GURAME
HARGA: BIBIT LELE SANGKURIANG DAN PAYTON
1-2CM :RP 60/EKOR
2-3CM :RP 80/EKOR
3-5CM :RP 100/EKOR
5-7CM :RP 125/EKOR
7-9CM :RP 150/EKOR
DLL
GURAME:
UKURAN KOREK GAS : 800/EKOR
UKURAN SILET : 950/EKOR
DLL
PATIN :
UKURAN 5 CM : 400/EKOR
DLL
DAN MASIH ADA LAINNYA UNTUK BIBIT IKAN TAWARNYA.
SAYA AKAN MEMBANTU SAMPAI PEMASARANNYA WAKTU PANEN.
bisa hub saya di 081 233 022 331/0351 805 8149/085 736 341 780 (CALL OR SMS) lokasi saya di ngawi madiun Jatim
email august.topo@yahoo.com

16 06 2010
arief

salam kenal mas …
boleh gak ? aku minta rincian dari awal .. tp cuma dengan modal 1,5 juta kira kira apa yang harus aku lakukan untuk memulainya .. soalnya aku sebelumnya belum pernh mencoba… mohon bantuanya ya mas . aku minta tolong dengan sangat aku akan menekuni bisnis ini, semoga aku bisa menjalankan dengan baik….ats perhatianya saya ucapkan banyak terima kasih

24 06 2010
edo

mas, saya seorang mahasiswa yang ingin baru memulai usaha lele,,
mas bisa berbagi ngak tentang bagaimana cara berternak lele menurut versinya mas, yang bisa dipanen ketika umur 50 hari…
- apa2 saja yg perlu kita siapkan untuk itu semua (beternak lele)

itu saja mas..,
semoga info mas bisa bermanfaat bagi kita smua,
dan saya khususnya haula muda yg bru merintis jiwa wira usaha…

25 06 2010
laboo hijau

Saya ada tanah di Padalarang luas sekitar 2500m2, rencanannya mau dijual,
tap saya mau coba untuk ternak lele,
mengenai lokasinya di pinggr jalan raya,ada tower listrik besar (empat kaki-tapi bukan sutet), sekarang ini hanya digunakan untuk sawah.
Kira kira cukup baik engga untu ternak lele?

6 07 2010
Joko utomo

Assalamkum..salam kenal ya mas,saya baru bikin kolam ukuran 3x5cm kedalaman 1,5m kira2 bisa diisi berapa ekor dan berapa ukuranya ya??Dan tambahan obat apa ya biar cepet gede?
Terimakasih atas informasiya
Assalamualkum

12 07 2010
arif mujahidin

saya ingin beternak lele ,tapi lahan sedikit ,apa bisa ya ?

3 08 2010
untung

asalamualaikum..
ma’af maz..
tau tempat penjualan benih lele paiton d purwoketo g..?

13 08 2010
iwan

luar biasa, mau coba ne mas…
mohon petunjuknya..
tx.

21 08 2010
muhari

aku ada niat buat nernak ikan lele tapi aku harus belajar teori dulu makasih ya

26 08 2010
bashofi

salam kenal
saya tertarik dg ternak lele yg relatif singkat, biasanya lele 2,5 – 3 bln br panen. yg anda ternakkan hanya 50 hari sdh panen. itu 1 kg isi berapa ekor? klo emang hasilnya 1kg isi 10-12ekor itu baru luar biasa.

26 08 2010
rosidin

mas. . gimana caranya pembesaran ikan lele, biar ikan cepat tumbuh besar dan satu bulan sudah bisa dipanen,tank’s

21 09 2010
RAHADIAN

Mengenai Saya
Foto Saya

dian rahadian surya

Lihat profil lengkapku
Selasa, 02 Februari 2010
ikan lele paiton cepat dan berbobot

sukses usaha ikan lele
kenalin namaku rahadian saya tinggal di sleman yogyakarta
;; saya ingin berbagi ilmu pada kalian semua,peliara ikan lele awalnya iseng iseng untuk mengisi waktu luang saat aku masih jadi pengagguran.setelah menikmati hasil panen ternyata hasilnya rumayan setelah aku pikir pikir walaupun aku ngak kerja aku punya penghasilan.dan dari situ aku kembangngin ternyata lama lama aku liat usaha ini ternyata menjanjikan walaupun dulu aku peliara ikan jenis ikan lele dombo dan sangkuriang agak lama 75 sampai 90 hari,dari situ aku mendalami ikan lele dan saya dikenalin sama petani lama yang telah menggeluti usaha ikan lele namanya pak aan dan pak agus,ia tinggal di bantul dari dia aku belajar banyak tentang usaha ikan lele,sampai penangngani penyakit penyakit pada ikan lele,dan dari situ aku di kenalin lele yang namanya ikan lele PAITON,awalnya aku pikir sama aja dengan lele lain setelah aku coba ternyata selain laju pertumbuhanya cepat ternyata hasil panen berbobot saya sampai twerkejut dengan hasil panen ikan jenis paiton ini.
;; dan dari situ aku inisiatif untuk membibit sendiri dan pembesaran sampai membuat indukan lele jenis PAITON ini dan mendalami kuwalitas indukan yang bagus dan bermutu.awalnya saya dulu binggung untuk memasarkan hasil usaha saya,eh ternyata ngak akan lari gunungg di kejar para bakul mencium keberadaan kolam kolam saya dan sampai sekarang berlangganan

;; sebenernya kalau mau usaha itu ngak sulit yang penting kita punya prinsib

1.percaya diri
2.jangan panik
3.tetep semangat
4.hadapi semua cobaan dengan senyuman jangan dengan emosi
5.jangan malu
6.bergaulah dengan semua orang yang sopan dan yang baik serta jangan membeda bedakan karena dari dialah kamu akan mendapatkan komsumen hasil usahamu, kenalkan usahamu pada merekan semua jangan malu dan jangan takut gagal, sambut bola jangan berdiri menunggu bola OKE
ni aku kenalin hasil usahaku ikan lele paiton
rincian; kolam ukuran 3×4 dengan kedalaman 100 cm

1.
pembelian bibit ikan lele paiton ukuran 3;5 seharga 90 rupiah/ekor sebanyak 5500 ekor dengan biaya 90 x 5500 =Rp495.000
2.
pembelian pakan apung dengan kadar protein 33%.harga /sak 200.000 isi 30 kg.untuk bibit 5500 ekor memerlukan 15 sak dengan biaya 200.000 x 15 = Rp3.000.000
3.
pembelian pakan tenggelam.1 sak harga 270.000 isi 50 kg
4.
rincian total modal ;Rp495.000 + Rp3.000.000 + Rp270.000 =Rp3.765.000
5.
total bobot pakan 450 kg +50 kg
6.
bobot benih ukuran 3;5 1ooo/0,5 kg total 5500 x 0,5 = 2,750 kg
7.
bobot keseluruhan 502,750 kg
8.
harga konsumsi Rp10.000
9.
obat 25.000

kalau dari segi umun setandar modal diatas menghitungkan bobot pakan ke untungan yang di dapat adalah 502,750 kg x Rp 10.000 = Rp 5.020.750 di kurangngin biaya modal 3.765.000 ke untungan yang di dapat adalah Rp1.255.000 – Rp25.000 biaya obat = Rp1.230.000

tapi hasil fakta di lapangan kolam 3×4 dengan bibit seperti modal di atas dengan bobot pakan 500 kg selama 64 hari manpu panen 575 kg jenis lele PAITON dari bbibit dari ukuran 3;5 sebesar rokok mail.mampu panen dengan bobot maksimal dan memberi keuntungan seperti berikut 575 kg x Rp10.000 = Rp5.750.000 – Rp3.765.000 = Rp1.9850.000 ini adalah hasil fakta lapangan

mulai sekarang jangan panik untuk usaha,yang terpenting adalah kemauan niat dan semangat untuk maju;

bagi anda pembaca blok saya

kami tawarkan hasil usaha saya

*
menjual bibit ikan lele jenis PAITON mulai dari ukuran 2;2 2;3 3;5 4;6 5;7 6;8 7;9
*
menjual ikan konsumsi golongan A 1 kg isi 7-9
*
golongan B 1 kg isi 7-12
*
golongan C 1 kg isi 10-12
*
menjual ikan pancingan
*
menjual INDUKAN lele paiton yang masih di jaga keaslianya yang berkwalitas

MELAYANI PELATIHAN BUDIDAYA PERIKANAN

bibit kami di jaga dari kolam bak dan berkwalitas unggul sehat dan cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.kami jual dengan harga murah sahabat petani.kami melayani pengiriman seluruh INDONESIA untuk bibit dan indukan lele paiton.

kontak pesanan

Rahadian

08568339190

Sleman Yogyakarta

28 09 2010
Yudi

Salam sukses Selalu Bp Rahadian” Mf Mohon untuk perician dan cara ternak dan pembibitan

3 10 2010
pupuk ajaib

*** Lele panen 29 hari,Belut panen 3 bulan

Dengan pupuk ajaib BIBIT LELE DUMBO sebesar 5-7 cm panen dalam 29 hari isi 1 kg 7-8 ekor,hemat pakan 40%.Belut dari pembibitan sebesar kabel panen dalam 3 bulan berat rata-rata 500 gram/ekor.Pupuk ajaib Terbuat dari bahan organik murni 100%.Budidaya perikanan tanpa vaksin,antibiotik,dan vitamin lainnya.Bisa dengan pakan buatan sendiri atau pabrikan.Tersedia khusus tanaman,perikanan,peternakan dan untuk unggas.

sms:0857-8178-5140
http://berita-agrobisnis.blogspot.com/

6 10 2010
Tina

salam kenal mas.
bisa minta tlong ga tata cara mulai dari awal ternak lele, soalnya saya jg pgen ternak nich. posisi saya di malang, selama ini saya masih baca2 saja dan belum pernah liat langsung ke peternaknya. kalo mas punya kenalan peternak lele di malang bisa saya minta tolong kesana….
terima kasih

21 07 2012
finulyadin

kunjungi workshop saya di Jalan warini dalam no 4 malang.CP 081803866796

2 11 2010
pak agus

KAMI MENYEDIAKAN :

# BIBIT LELE JENIS SANGKURIANG,PYTON,DUMBO

UKUR 3-4 =80
UKUR 5-6 =125
UKUR 7-8 =150
UKUR 9-10=175

# INDUKAN LELE SIAP PIJAH DGN BERAT RATA2 1,5-2 KG

MELAYANI PENGIRIMAN SELURUH NUSANTARA

CONTACT : 081233022331 / 085736341780

ALAMAT : NGAWI-JATIM

6 11 2010
Patrick Hartana

Tanya kalau memelihara lele dicampur dengan ikan gurameh baik enggak.Mohon dikasih saran ya ke saya.Terimakasih sebelumnya.

9 11 2010
peternak lele

untuk Pak Patrik Hartana,
ikan lele dan gurameh sebaiknya dipisah Pak, jika memang berniat untuk serius biar hasilnya bagus, tapi jika untuk sekedar pelihara sebagai hobi ya tidak apa.

14 11 2010
agromania

Bongkar rahasia ternak lele yang benar dari NOL.
http://www.cdbudidayalele.co.cc

14 12 2010
andy

saya posisi di jakal yogya, saya jual larva lele dombo kualitas, umur 15 hari panjang 1 cm, harga 10 rupiah/ekor. hub : 081227354545

20 12 2010
marji

Saya dari Bengkulu

sy sudah budidaya lele 4 bulan tlng pemjahan yg berhasil gimana ag kok gagal terus

29 12 2010
aizz

mas bleh mnta tlong gmna cranya trnak 50 hari panen

19 01 2011
cahya

saya lg belajar ternak lele,,,,udah 2 kali panen tp kok rugi trs y bos????cara untuk memeberi makan lele biar bobotnya bertambah gmn ya????ama makanan tambahan apa ajah biar lele kalau ditimbang ga gitu ringan bgt……..by cahya magelang………….trim atas infonya…………..balas

30 01 2011
PAK AGUS

budidaya lele selalu dihadapkan dengan mahalnya biaya pakan.sekarang telah ditemukan SOLUSI UNTUK MENGHEMAT BIAYA PAKAN SAMPAI 70% DAN MENGURANGI ANGKA KEMATIAN HAMPIR LIMIT.
MUDAH DAN EFEKTIF..SUDAH DI UJICOBAKAN DAN DI APLIKASIKAN SLAMA 6 TAHUN.
HUB. 081233022331 / 085736341780

9 02 2011
Hari

Untk wilayah magelang d mana pusat pelatihan budidaya lele dan pemijahanya?
Saya butuh induk lele yg bagus,

9 02 2011
Hari

Bisa sms d no ini 085640390155

17 02 2011
rizal boim

Assalam mualaikum wr wb

boleh gabung ga……..
saya baru mulai ternak lele tapi cuma satu kolam doang yang berada di pasarminggu tepat nya dijati padang……kalo memang ini berhasil besar,,mungkin saya coba yang lebih kecil lagi or mulai dari biang……

24 02 2011
pak agus

KAMI MENYEDIAKAN LELE KONSUMSI.
KAPASITAS 5 TON 1 BULAN.
YANG BERMINAT HUB.081233022331 / 085736341780

30 03 2011
pak agus

menyediakan ,LELE SANGKURIANG,DUMBO,PAYTON,GURAME HARGA: BIBIT LELE SANGKURIANG DAN PAYTON 1-2CM :RP 60/EKOR 2-3CM :RP 80/EKOR 3-5CM :RP 100/EKOR 5-7CM :RP 125/EKOR 7-9CM :RP 150/EKOR DLL GURAME: UKURAN KOREK GAS : 800/EKOR UKURAN SILET : 950/EKOR DLL PATIN : UKURAN 5 CM : 400/EKOR DLL DAN MASIH ADA LAINNYA UNTUK BIBIT IKAN TAWARNYA. MENYEDIAKAN INDUKAN LELE SIAP PIJAH. MELAYANI PENGIRIMAN SELURUH NUSANTARA bisa hub saya di 081 233 022 331/0351 805 8149/085 736 341 780 (CALL OR SMS) lokasi saya di ngawi madiun

30 04 2011
achev

penjualan bibit lele daerah bekasi dimana ? harga nya skrng brp per ekor nya ?

26 05 2011
khabib

saya punya stok lele banyak siap konsumsi.tpi saya kesulitan untuk menjual ke luar.tlong bantuannya bagaimana saya bisa mempunyai pengepul alias tengkulak yang mau membeli harga lele saya dengan harga yang memuaskan.

4 06 2011
SWARA NIAGA

Bismillahirrahmanirrahim ….

Tahukah Anda bahwa telur ikan lele didalam perut sang induk ternyata telah terkontaminasi oleh suatu penyakit manakala sang induk telah terinfeksi pathogen.

Oleh karena itu ketika telur berhasil menetas, selang tidak berapa lama habislah puluhan ribu bahkan ratusan ribu burayak ( catfish babies) mati tanpa diketahui penyebabnya dan celakanya tak satu obatpun mampu mengatasi kondisi ini.

Adalah C-6 dirancang sebagai obat ikan lele yang dapat segera mencapai sasaran dengan efektif dan cepat untuk melawan ganasnya penyakit yang menyerang lele dari pecah telur hingga konsumsi adalah tahapan-tahapan yang mematikan hingga tentu saja menimbulkan kerugian yang tidak sedikit bagi peternak lele.

Obat lele C-6 adalah obat yang telah melalui uji lapangan yang sangat luas, tepat dengan jenis penyakit yang menyerang dimana tidak semua obat mampu mengatasi serangan spesifik patogen ESC serta adaptasi lingkungan yang tepat dan aman.

Obat ikan lele C-6 dapat digunakan untuk penyakit:
– Bercak putih pada kulit
– Cacar dan luka kulit
– Sungut keriting dan putus
– Insang merah / hitam
– Sirip geripis
– Perut buncit
– Hilang keseimbangan

Obat ikan lele C-6 dapat juga digunakan sebagai pencegahan terhadap penyakit, menambah nafsu makan dan meningkatkan ketahanan tubuh lele.

Obat ikan lele C-6 sangat mudah digunakan karena sistemnya adalah dengan dicampur pada pakan ikannya, dengan takaran yang sangat ekonomis yaitu 1-2 tutup kemasan obat dicampur dengan 1kg pakan ikan.

… HATI-HATI BARANG TIRUAN …

Distributor tunggal …
SWARA NIAGA
Kedungturi Permai S-15
Sidoarjo – Jawa Timur
081216179270
Email: swaraniaga@ yahoo.com

17 06 2011
yudianto

Mas…bro boleh ga saya belajar disana, ya itung2 magang, nanti klo sudah cukup ilmu baru membuat usaha sendiri………

28 06 2011
bambang

saya jadi tertarik untuk usaha ini…….kira kira berapa modal awalnya?

25 07 2011
andy

UD. NABILLA LELE

Kami petani lele dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit lele sangkuriang berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
Bibit lele yang kami hasilkan adalah bibit lele berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang bAaik dan benar bibit lele hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan lele kami :
Jenis : Sangkuriang.
Sistem : Intensif.
Pemijahan : Alami.
Sumber air : Air tanah / sumur.
Kolam : Terpal.
Pakan : Cacing sutra.
Pengangkutan : Dikemas dalam kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 19 jam.
Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
Kapasitas pengiriman :
UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
2-2cm : 15.000.
2-3cm : 8.000.
3-4cm : 6.000.
3-5cm : 5.000.
4-6cm : 4.000
Induk : 15.
Untuk informasi harga silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545 atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman (10 meter selatan Honda AHASS)

9 08 2011
dienzaenudin

menarik juga beternak lele, gimana memulai belajarnya nech….trims

17 09 2011
adi

makasi banyak mas, ilmunya sangat bermanfaat…semoga dirahmati Allah.amin

17 09 2011
Ryan

Saya berniat beternak ikan lele…Tahun ini sya beternak ikan patin & ikan nila. Tahun Depan saya ingin mencoba ikan lele sya tergiur dgn tulisan anda..

25 09 2011
andy

UD. NABILA LELE

Kami petani lele dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit lele sangkuriang berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
Bibit lele yang kami hasilkan adalah bibit lele berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit lele hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan lele kami :
Jenis : Sangkuriang (Sertifikat)
Sistem : Intensif.
Pemijahan : Alami.
Sumber air : Air tanah / sumur.
Kolam : Terpal dan semen
Pakan : Cacing sutra.
Pengangkutan:Dikemas dlm kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 19 jam.
Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
Kapasitas pengiriman :
UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
2-2 cm : 15.000.
2-3 cm : 8.000.
3-4 cm : 7.000.
3-5 cm : 5.000.
4-6 cm : 4.000
5-7 cm : 3.000
Induk : 15.
Untuk informasi harga murah berkualitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di http://www.mbenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman (10 meter selatan Honda AHASS)
Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

Catatan :
Cara mempersiapkan air kolam terpal/semen sebelum bibit ditebar :
a) Masukkan air setinggi 30 cm dengan cara dipercikkan
b) Tebar garam ikan/garam grasak 100 g / m2
c) Diamkan selama 3 hari
d) Masukkan urea 10 g / m2 dan katalis plankton (probiotik) yang mengandung bakteri nitro (Em4, Sell multi) dosis 10 ml / m2
e) Diamkan selama 5 hari sampai air berubah warna kuning kehijauan
f) Volume air ditambahkan hingga 60 – 70 cm dan bibit siap ditebar.

27 10 2011
Info bledho

Assalamualaikum wr.wb
Support,
Semoga tambah sukses.

1 11 2011
hendra haryanto

aq tertarik budidaya lele buat tanbhn.skarang aq dh siapkn kolam terpal.sayangnya aq blom pnya ckup pengetahuan bagai mana budidaya lele

3 11 2011
Dinar

Minta no hpxa pak,ada yg mau saya taxakan tentang lele

10 11 2011
pak agus

menyediakan,LELE SANGKURIANG,DUMBO,PAYTON,GURAME HARGA: BIBIT LELE SANGKURIANG DAN PAYTON 1-2CM :RP 60/EKOR 2-3CM :RP 80/EKOR 3-5CM :RP 100/EKOR 5-7CM :RP 125/EKOR 7-9CM :RP 150/EKOR DLL GURAME: UKURAN KOREK GAS : 800/EKOR UKURAN SILET : 950/EKOR DLL PATIN : UKURAN 5 CM : 400/EKOR DLL DAN MASIH ADA LAINNYA UNTUK BIBIT IKAN TAWARNYA. bisa hub saya di 081 233 022 331/0351 805 8149/085 736 341 780 (CALL OR SMS) lokasi saya di ngawi madiun

20 11 2011
made merdana

Salam kenal bang.
Saya coba pelihara lele tp panen biasany setelah 60 hari.
Saya Мα̲̅ώ tanya supaya bisa panen hari ke 50 harus tebar benih ukuran berapa, dan lele jenis apa ya.
Mohon info lebih lanjut.
Terimakasih

23 11 2011
wawan

saya punya banyak potensi tp cma bsa berhayal……………..
bingung………..huhg

30 11 2011
azani

mf numpang iklan barngx ada yng mw budidaya smua jenis jamur hbngi nmer ini 085741123581 prospek y sngt bagus

13 12 2011
henry

menyediakan bibit lele phyton.
ukuran 1-2
bisa request ukuran lain.
kapasitas produksi 500rb-1jt bibit perminggu
bisa hub saya di 081804084960 ( SMS)
lokasi saya di jogja

16 12 2011
akim

saya baru ada rencana &ngitung2 modal misalkan untuk lele 5 ribu ekor gitu habis berapa & ukuran kolam bagusnya ukuran brapa ?
Trima kasih sebelumnya

16 12 2011
akim

saya baru da rencana saya minta bantuan ni, kira2 dengan 5ribu ekor lele habis modal brapa ?

18 12 2011
asep suherli

saya dari bogor mau bududaya lele…. mohon doa nya..!! trimakasih

18 12 2011
Asep Suherli

bibit lele di daerah saya ukuran 4,6 harganya 150/ekor,,, harga nya beda jauh ya sama di timur…. saya pengen belajar pembibitan. gmn caranya tolong kasih tau ya pak..!!

27 12 2011
organikajaib

Lele panen 29 hari,Belut panen 3 bulan,Udang panen 2 bulan bebas penyakit,Nila & Bawal panen 1 bulan,panen jamur tiram meningkat 300% bebas ulat.cabe 8 kg/pohon umur sampai 2 tahun.bawang merah di atas 30 ton/hektar ! Padi 18 ton/ha bibit belum direndam !

sms:0857-8178-5140
http://berita-agrobisnis.blogspot.com/
Kakao umur 8 bulan belum berbuah setelah disemprot 3 minggu sudah berbuah…

7 01 2012
megan mahmud

Saya memfokuskan usaha
pada
pembenihan bibit lele
sangkuriang.
Bagi yang membutuhkan
bibit lele
sangkuriang. Untuk wilayah
Solo dan
sekitarnya saya antar gratis.
Bibit
berkualitas karena dari
indukan
bersertifikat dari BBAT.
Kami siap
membantu Anda sukses
dalam
berternak lele. Konsultasi
gratis.
Saya tidak menjual bibit
saja. Bibit
yg saya kirim. Bila sudah
panen akan
saya beli bila Anda kesulitan
menjual. Hub
085642057643
alamat Ngablak Rt/Rw
03/06,
Karangmojo, Tasikmadu,
Karanganyar, Solo

1 07 2012
azhury

harga konsumsi 8-12 brapa

5 02 2012
ipin

mantap gan’ salam silaturahim’

27 02 2012
icung

Lam kenal Kakang-kakang,

saya (dimalang) berkeinginan terjun dalam usaha ikan lele stelah saya baca post diatas keyakinan saya bertambah.berencana untuk buat kolam dari terpal dgn ukuran 1.5 x 3 x 1.20 dengan tebar 800 ekor tapi saya masi galau dgn hujan hampir tiap hari untuk persiapan kolam

sehingga saya berpikr untuk membuat kolam ditempat yang kurang cahaya masih dgn sirkulasi udara yang bagus.
lalu apa keputusan saya ini tepat?
Mohon sarannya

7 03 2012
arcolarooez

mas minta nmer hpny dong, ale aq minat banget…pgen ternak lele, lewat ebok fb aj mas…n maksih ea…

21 07 2012
finulyadin

Bertani lele identik dg cost operasional yang tinggi. Dihitung secara matematis biaya pakan saja mencapai lebih kurang Rp 700000 + bibit Rp100000 =Rp 900000, sedangkan harga jual perkwtnya cuma Rp1000000, tinggal berapa sisanya? minim banget kan? berangkat dari pengalaman itulah maka saya berupaya menekan cost pakan dengan cara membuat pelet sendiri dari biota laut yang sudah pasti dijamin kecukupan nutrisi untuk pertumbuhan ikan. Saat ini saya sudah mampu melayani para pembudi daya di lingkungan saya dan alhamdulillah tidak ada yang complain, malah menyebar luaskan produk pelet buatan saya. Dalam kesempatan yang baik ini pula saya ingin mengabarkan kepada semua yang telah membaca tulisan ini untuk mencoba pelet saya,.dijamin gak nyesal. Sebab selisih harga perkilonya bisa sampai Rp 3500. kalau dikalikan 100 kg kelihatan kan untungnya. SELAMAT MENCOBA ……. CP 081803866796. FINULYADIN Jln. WARINOI DALAM No 4 Bunulrejo Malang.

22 09 2012
muhammad khoir

Dengan hormat,
kami menawarkan pakan alternatif berupa DAGING AYAM GILING(ex pemotongan ayam)..dengan pakan ini lele jadi lebih cepat tumbuh besar,saat panen hasil bobot lele lebih optimal.pakan ni khusus saat lele usia remaja sbgai peganti pakan jenis pelet sehingga biaya pakan jadi lebih hemat..ket lebih lanjut hub.khoir 081902891398..trimakasih sebelumnya

10 11 2012
hotniel simbolon

alamatnya dimana dan berapa batas minimum pembelian

25 10 2012
Yoes

agan-agan sekalian … apabila tidak keberatan, gabung saja di FB APLESI (ASOSIASI PETERNAK LELE SELURUH INDONESIA), wadah share sesama praktisi… khusus bang arezk mudah2an ilmunya bisa menjadi motivasi bagi para pemula….

3 12 2012
dian ani farida

ya harus serius

28 12 2012
zekyaldin

q melihara lele 1000 tpi rugi gak dapat hasil

8 01 2013
Yoyok

Mas saya pngen tau gmna caraya bsa panen umur 50 hari apa lele lokal bsa panen umur 50 hari…..? Saya yoyok dari kediri

14 04 2013
dicky ramadana

saya dicky syahruramadana di bekasi.. saya mau tanya pak.. ada info pengepul lele gk di daerah bekasi.. saya peternak baru.. sebulan lagi lele saya panen.. mhon infonya ya pak.. hubungin ke no ini 08999727597

13 11 2013
Roy Legino

mas nanyak nama obat vitamin apa yang dijual diapotik untuk cepat besar ikan lele saya orang riau

25 01 2014
megan mahmud

Saya memfokuskan usaha pada
pembenihan bibit lele
sangkuriang.
Bagi yang membutuhkan bibit
lele
sangkuriang. Untuk wilayah Solo
dan
sekitarnya saya antar gratis.
Bibit
berkualitas karena dari indukan
bersertifikat dari BBAT. Kami
siap
membantu Anda sukses dalam
berternak lele. Konsultasi gratis.
Saya tidak menjual bibit saja.
Bibit
yg saya kirim. Bila sudah panen
akan
saya beli bila Anda kesulitan
menjual. Bila Anda butuh lele
konsumsi saya juga siap. Semua
harga bisa dinego. Pelanggan
adlah raja. Saya ingin Anda
untung besar, kapanpun Anda
sms pasti secepatnya kami
balas, pelayanan kami adalh yg
utama. Anda sukses saya jg ikut
sukses itu prinsip saya. Hub
085642057643
alamat Ngablak Rt/Rw 03/06,
Karangmojo, Tasikmadu,
Karanganyar, Solo
meganmahmud@gmail.com

24 04 2014
rahmatullah

kok hanya pamer panen lele ? kok nggak nyeritain pengalaman kamooooooooooooooooooooooooo…….payaaaaaaaaaaaaah dech……!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: