Ide&Gerakan HIJAU

16 02 2007

Sering sekaLi saya dengar, saya Lihat dan saya cermati fenomena sampah beserta penanganannya di media massa negeri tecinta Indonesia ini, yang tampaknya kian hari bukannya semakin membaik arahnya tetapi maLah semakin carut-marut saja. Jujur sebagai pribadi yang sebenarnya mencintai kebersihan, hati ini tergeLitik untuk ikut berpartisipasi, akan tetapi entah kenapa masih saja ada hambatan baik secara psikoLogis maupun secara fisik untuk meLangkah.

thinking ... something

Sebenarnya seLain berniLai bisnis (ini adaLah penyebab utama saya tertarik dibidang sampah&pemanfaatannya) terdapat juga ada aspek sosiaL daLam fenomena sampah beserta penanganannya karena menyangkut hajat hidup orang banyak, seperti kita tahu sampai detik ini sampah bukanLah masaLah orang-per-orang meLainkan masaLah bersama yang sangat peLik penanganannya.

Beberapa haL yang sudah berhasiL saya Laksanakan secara nyata di kehidupan sehari-hari, diantaranya :

  1. Setiap kaLi beLanja, kantong pLastik beLanjaan seLaLu saya simpan untuk digunakan uLang pada kesempatan Lain sehingga tidak perLu kantong baru, berLaku juga untuk kantong kertas yang bahkan bisa dimanfaatkan untuk tas buku.
  2. Kertas sisa ataupun bekas print-out yang saLah tidak saya buang tetapi dipakai Lagi bagian yang kosong (sebaLiknya) untuk catatan rupa-rupa, memo, konsep maupun dijiLid Lagi menjadi buku (dengan sedikit kreativitas tentunya agar menarik).
  3. BotoL pLastik bekas minuman & botoL kaca saya kumpuLkan (bahkan dari tetangga kamar kost) karena ternyata dicari oLeh pembeLi barang bekas keLiLing (waLaupun harga tidak seberapa, namun saya merasakan keasyikan tersendiri, bahkan jujur&bukan mau sombong kadang saya tidak mau menerima pembayaran, itung-itung untuk menambah pundi-pundi amaL).

Memang apa yang saya Lakukan terasa masih jauh dari ideaL, apaLagi jika dibandingkan dengan budaya di negara maju yang tingkat peLaksanaan penanganan sampah sudah sangat baik, namun jikaLau tidak dimuLai dari haL-haL sepeLe dari diri kita sendiri tentunya akan Lebih percuma Lagi khan… CobaLah membayangkan! Jika ada 1000 orang saja meLakukan haL sepeLe seperti yang saya Lakukan maka haL sepeLe tadi akan berubah menjadi haL yang serius (aLias bukan sepeLe Lagi!) ApaLagi jika semua orang di dunia ini meLakukan haL yang sama (terLaLu muLuk) pastiLah dunia ini sangat indah!!!

hope...

Rencana kedepan selanjutnya yang ingin saya jaLankan adaLah menggaLang partisipasi anak-anak kost (totaL 12 orang) untuk meLakukan “Gerakan Hijau KostKu” dengan program antara Lain:

  1. Pemisahan sampah sesuai jenisnya sehingga dapat dimanfaatkan Lebih Lanjut; ada tempat sampah khusus sampah organik basah, sampah kertas, sampah pLastik, sampah Logam & sampah beLing kaca; sehingga dapat dijuaL dan hasiLnya untuk dipakai keperLuan kost.
  2. Penggunaan kembaLi (re-use) barang-barang yang masih dapat digunakan seperti kertas, kantong pLastik maupun kantong kertas, serta barang-barang Lainnya.
  3. Pengadaan tanaman hias di setiap teras kamar kost sehingga suasana kost menjadi Lebih asri, sejuk dan indah di mata.
  4. Penghidupan kembaLi jadwaL kerja bakti kost sehingga Lingkungan kost Lebih bersih dan tertata, serta untuk meningkatkan rasa kekeLuargaan antar penghuni kost.
  5. Pemanfaatan space kosong untuk dihiasi dengan muraL/graffiti sehingga kost Lebih semarak & terasa Lebih hidup.

Kiranya itu beberapa impian yang masih dapat direaLisasikan & bukan sesuatu yang mustahiL untuk terLaksana. Semoga mendapat restu dariNya, amien…

Wish Me Luck !


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

