ALternatif Hobby Yang BerniLai Bisnis

4 03 2007

Apakah Anda termasuk orang-orang yang terLaLu sibuk dengan pekerjaan? WaspadaLah!

Tanpa Anda sadari secara perLahan tingkat ketahanan tubuh Anda terhadap penyakit akan menurun, haL ini karena kondisi fisik sangat terpengaruh aspek psikis. Raga kita juga mengaLami stress akibat kesibukan yang kita jaLankan sehari-hari. SoLusi atas masaLah seperti itu sebenarnya cukup sederhana, sesuai konsep “Mencegah Lebih Baik dari Mengobati” maka cegahLah sebeLum haL tersebut menimpa Anda, caranya dengan meLuangkan waktu untuk refreshing yang membuat Anda nyaman, santai dan terhibur. Refreshing tidak harus seLaLu bepergian ke tempat wisata, meLakukan suatu haL yang anda sukai atau Lebih dikenaL dengan sebutan hobby adaLah saLah satu aLternatif yang bisa diLakukan untuk menyegarkan Lahir&batin kita. Bahkan jikaLau kita jeLi dan mampu mengembangkannya maka bukan tidak mungkin hobby kita akan menghasiLkan Lembaran-Lembaran rupiah yang menjanjikan. Saya akan mencoba memberikan gambaran tentang tanaman roselle [Hibiscus Sabdariffa] yang bisa dijadikan sebagai hobby aLternatif. Tanaman Roselle merupakan tanaman berkhasiat yang dipakai oLeh para herbaList untuk menyembuhkan berbagai penyakit serta menambah ketahanan dari penyakit, seLain itu juga bisa dinikmati keindahannya. Perawatannya mudah dan bukan tanaman keras tahunan, jika misaLnya bosan dan sudah tidak tertarik Lagi dapat dengan mudah dimusnahkan. Dibawah ini saya sertakan cara pemeLiharaan serta pemanfaatannya.

 

 

RoseLLe

 

 

OVERVIEW RoseLLe

Konon katanya, roseLLe sudah dibudidayakan sejak jaman pendudukan Jepang di Indonesia Lampau. Namun pemanfaatannya kaLa itu belum dikenaL Luas yaitu terbatas pada kalangan pasukan dan pejabat Jepang. Pada masa kemerdekaan, minuman bunga roseLLe juga pernah popuLer yang saat itu Lazim disebut dengan nama perambos, rasanya segar asam manis tentu saja dengan penambahan gula. Aromanya yang khas ditambah warnanya merah serupa dengan warna asli bunga roseLLe menambah sensasi tersendiri.

Tanaman ini termasuk daLam tanaman semusim karena seteLah beberapa kali berbunga dan menghasiLkan biji, maka akan sampai pada masa tidak produktif yang harus diganti dengan bibit baru Lagi jika untuk tujuan komersiaL, tapi jika hanya untuk dinikmati secara pribadi tidak perLu ada regenerasi secara periodik. KeLopak bunga tanaman ini mengandung MaLic Acid yang rasanya segar dan berwarna menarik yang dapat dioLah menjadi beberapa produk berniLai ekonomis tinggi, berupa sirup atau minuman segar, selai dan manisan.Produk-produk yang dihasiLkan merupakan produk aLami tanpa penambahan zat warna sehingga banyak digemari konsumen yang peduLi kesehatan. Yang paLing popular memang untuk minuman, ada dua cara pemrosesan bunga roseLLe untuk dikonsumsi sebagai minuman. Yang pertama adaLah dioLah menjadi minuman siap konsumsi yang dikemas dalam botoL maupun gelas pLastik seperti produk air minum mineraL daLam kemasan, yang kedua adaLah daLam bentuk rajangan ataupun powder menyerupai produk teh ceLup. Sedangkan pemanfaatan Lainnya biasanya dipakai sebagai tanaman hias out-door seperti taman, tanaman pagar maupun tanaman hias in-door berupa bunga rangkai karena keindahannya.

 

 

 

 

 

SYARAT TUMBUH

RoseLLe dapat tumbuh dengan sangat baik pada dataran rendah dengan penyinaran matahari secara Langsung. Secara umum, tanaman roseLLe dapat ditanam pada semua jenis tanah, terutama tanah yang kaya akan humus, gembur dan mempunyai drainase baik, dengan pH berkisar antara 6,5-7,5.

TEKNIK BUDIDAYA

PenjeLasan di bawah ini terutama untuk orientasi produksi komersiaL, jika untuk hobby pribadi maka bisa menyesuaikan sesuai dengan seLera dan kondisi yang ada.

a. Persemaian

SebeLum disemaikan, biji direndam seLama satu hari satu malam LaLu dipilih yang tenggeLam dengan bentuk butiran – butiran yang baik. Biji dapat Langsung disemaikan pada Lahan persemaian yang sudah dioLah dan diairi. SeteLah tumbuh maka bisa Langsung dipindah ke ke poLybag ataupun menunggu cukup besar untuk Langsung dipindah ke Lahan produksi..

b. Persiapan Lahan

Persiapan lahan dilakukan dengan pembajakan tanah secara membujur dan meLintang. Tanah dicampur pupuk dasar berupa pupuk kandang, Lahan diLarik dengan jarak antar Larik 1,5 m.

c. Penanaman

Untuk Lahan yang Langsung dari biji makan penanaman diLakukan dengan ditugaL tiap Lubang tanam diisi 2-3 biji. Sedangkan untuk penanaman bibit yang telah disemaikan di polybag maka setiap Lubang tanam diisi dengan 1-2 bibit.

d. Pemupukan

Pemupukan pada Lahan sebelum tanam dengan pupuk kandang, sedangkan pada umur 3 dan 7-8 minggu seteLah tanam dipupuk Urea sebanyak 30-40 gram tiap tanaman.

e. Hama dan Penyakit

Hama dan penyakit yang paling banyak menyerang roseLLe adaLah hama kutu daun dan penyakit Phytopthora. Penanganannya adaLah dengan penyemprotan obat anti kutu ataupun berbagai jenis pestisida yang dijuaL bebas di toko-toko pertanian.

f. Pemeliharaan

SeLama pertumbuhan tanaman perLu diwaspadi keberadaan guLma yang akan berdampak negatif, oLeh karena itu diLakukan penyiangan dengan frekuensi sesuai kondisi Lahan.

g. Panen

Tanaman roseLLe mulai menghasiLkan bunga pada umur 120 hari dan dapat dipanen secara terus-menerus daLam jangka waktu 3 buLan sebeLum akhirnya diganti dengan bibit baru. Per batang tanaman roseLLe dapat menghasilkan 1,5 kg bunga basah. Pemanenan menggunakan gunting untuk memotong tangkai bunga, kemudian diLakukan pemisahan biji. Untuk rendemennya daLam bentuk kering 10% sesudah dijemur di bawah terik matahari seLama 3-5 hari, yang akhrinya siap digunakan konsumsi pribadi ataupun dikemas untuk tujuan komersiaL.

h. Produksi

Produksi tanaman roseLLe daLam keadaan normaL setiap hektar mampu menghasiLkan 2-3 ton keLopak bunga segar tanpa biji atau setara dengan 200-375 kg keLopak bunga kering.

Kandungan gizi keLopak bunga segar tiap 100 gram adaLah sebagai berikut:

– Protein 1,145 gr

– Lemak 2,61 gr

– Serat 12 gr

– KaLsium 1,263 gr

– Fosfor 273.2 mg

– Zat besi 8,98 mg

– MaLic Acid 3,31 %

– Fruktosa 0,82 %

– Sukrosa 0,24 %

– Karotin 0,029 %

– Tiamin 0,117 mg

– Niasin 3,765 mg

– Vitamin C 244,4 mg

keLopak kering roseLLe

CARA PENYAJIAN MINUMAN ROSELLE 

Untuk mendapatkan 1 teko ukuran sedang minuman roseLLe sangatLah mudah, caranya 1-3 sendok makan rajangan roseLLe atau sekitar 5-10 keLopak kering utuh dimasukkan ke teko ukuran sedang kemudian dituang dengan air panas, akan Lebih baik jika menggunakan air mendidih. Teko seLanjutya ditutup dan dibiarkan beberapa menit sampai air berubah warna menjadi merah. Tentu saja minuman tersebut perLu ditambahkan gula, dan bisa disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. Tidak ada aturan dosis konsumsi karena ini murni aLami, jumLah keLopak, ukuran air maupun jumLah guLa adaLah sesuai seLera konsumen. Bunga roseLLe kering bisa juga dioLah menjadi sirup dengan komposisi 40-50 keLopak bersih berbobot sekitar 15 gram direndam di 1 Liter air seLama 15-30 menit, kemudian direbus selama 30 menit. Air rebusan sari bunga roseLLe yang berwarna merah tersebut disaring, ditambahkan guLa pasir 130 gram atau sesuai seLera dan dimasukkan ke daLam botoL, maka jadiLah sirup roseLLe atau perambos.

 

 

 

minuman segar roseLLe

 

 

 

KHASIAT ROSELLE 

Hasil peneLitian menyebutkan bahwa kandungan Vitamin C yang terdapat daLam bunga RoseLLe jauh Lebih banyak dibandingkan buah Lainnya. Sebagai contoh, setiap 100 gram bunga RoseLLe mengandung 244,4 mg Vitamin C, dengan berat yang sama pepaya hanya mengandung 71 mg Vitamin C, beLimbing 25,8 mg, durian 23,3 mg, jeruk manis 49 mg. RoseLLe juga kaya akan mineral seperti: kaLsium, phospor, potasium, dan zat besi yang penting bagi tubuh. Dari 22 asam amino yang dibutuhkan tubuh, 18 diantaranya terdapat di bunga RoseLLe. Dua diantaranya yaitu Arginine dan Lysine biLa bersinergi dengan GLutamic Acid akan merangsang otak untuk menggerakkan hormon tubuh manusia yang membuat tubuh terLihat awet muda. KeLopak bunga Roselle juga mengandung Vitamin B1, B2, Niacin dan Vitamin D.

 

 

keLopak segar roseLLe

 

Lebih detaiLnya tentang manfaat roseLLe adaLah sebagai berikut :

· mengandung Gossypetin Anthocyanin dan glukosa Hubiscin yang mempunyai efek diuretic dan choleretic, memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, meningkatkan kinerja usus serta berfungsi sebagai tonik (obat kuat).

· Mengandung vitamin C kadar tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia terhadap serangan penyakit.

· Mengandungan kaLsium kadar tinggi yang dapat mengurangi resiko osteoporosis dan membantu pertumbuhan tuLang.

· mengandung zat FLavonoid yang berfungsi sebagai antibiotik pembunuh kuman-kuman penyebab penyakit serta penyaring racun dalam tubuh.

· mempunyai efek anti-hipertensi, anti kram otot, anti infeksi bakteri dan membantu proses pencernaan.

· membantu mengurangi ketergantungan pada aLkohoL.

· mencegah peradangan pada saluran kencing dan pembentukan batu ginjaL.

· memperLambat pertumbuhan jamur atau bakteri yang menyebabkan demam tinggi.

· Daunnya dapat digunakan sebagai diuretic, penurun suhu dan pereda rasa nyeri.

 

 

 

 

 

Demikian yang dapat saya paparkan mengenai aLternatif hobby tanaman hias muLtikhasiat yang mempunyai prospek bisnis cukup menjanjikan. JikaLau Anda ingin mengetahui Lebih Lanjut, jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi saya di nomor 08170-8989-44 / 0856-432-66-373 & bisa juga via e-maiL: arez.kusuma@gmail.com.

 

Anda tertarik? SiLakan… & SeLamat Mencoba


Aksi

Information

16 responses

5 03 2007
Guntar

Kalo menurut saya, hobi tanaman ini menarik. bahkan jika yg ditanam tidak membawa khasiat spt yg di posting ini. Tanaman tu bagus buat mbikin rileks, sekedar diliat aja. Terutama yg rimbun dan tertata rapi. Trus juga bagus buat pernafasan (klo disambung2in ama pelajaran SMP, bhw tumbuhan mengeluarkan oksigen:mrgreen: )

5 03 2007
arezk

@Guntar:
Memang benar sekaLi apa yang Anda sampaikan, tanaman membuat sejuk karena menghasiLkan O2 apaLagi tanaman hias yang berbunga indah … semakin menambah sedap pemandangan.
Tapi tentu saja Lebih menarik Lagi khan jikaLau menghasiLkan Lembaran rupiah … hehehe, sapa seeh yang tidak mau duit?🙂

terimakasih

24 04 2007
Widodo

jarang anak muda yang suka berhobi dengan kegiatan yang berhubungan dengan pertanian, namun kita perlu sadari salah satu suplay kebutuhan hidup kita berasal dari pertanian, maka dari itu, mari kita kemon… Berladang happy

25 04 2007
arezk

@Widodo:
Terimakasih Pak, Anda berkenan untuk mengunjungi BLog saya ini.

Sebenarnya tidak sedikit anak muda yang tertarik untuk menekuni bidang pertanian (hanya saja mungkin tidak terekspos secara Luas), juga masih terdapatnya berbagai kendaLa seperti kurangnya dukungan nyata pihak-pihak yang berwenang (yang maLah beredar justru berita bernada miring… yang tentu saja saya tidak perLu saya paparkan disini).

Terimakasih atas apresiasi positif serta dukungan Anda kepada sektor pertanian, mari kita muLai dari diri kita sendiri untuk dapat menunjukkan bahwa pertanian bukanLah sektor marginaL yang jeLek dan suLit tetapi maLah sektor yang penuh peLuang & mengasyikkan…

=SaLam.dr.Jogja=

28 04 2007
She'sQe

makasi buat infonya ya..!! blog anda bermanfaat banget (bwt yg perlu kyk aku..^_^)
sukses `n maju terus ya.. ^_^
Gb..

29 04 2007
arezk

@She’sQe:
terimakasih kembaLi teLah meLuangkan waktu untuk berkunjung di BLog saya,
&saya turut senang jika ada haL-haL yang dapat bermanfaat dari apa-apa yang saya tampiLkan…
semoga ke depan, saya akan semakin teratur untuk dapat memberikan haL-haL positif bagi semua, amien…

=SaLam.dr.Jogja=

23 06 2007
Beni riswandi

Mas arezk yang oks banget, saya saat ini lagi aktif memasarkan teh kelopak merah ini, saya mau tanya nih mas apakah teh rosela ini boleh di minum bagi yang menderita maag dan ibu hamil dan hasilnya sekarang sudah lumayan 1 bungkus saya jual Rp. 30.000,- dan manfaatnya bagi yang udah mencoba terasa bgt ada yang asam urat nya udah berkurang, jantung gak sakit lagi, stamina saat bekerja jadi gak loyo, dan gak gampang sakit.
Thank’s
Beni Riswandi

ArezK :
Terimakasih Pak Beni Riswandi sudah berkunjung ke BLog saya,
mari kita sebarLuaskan informasi mengenai manfaat teh merah RoseLLa yang berkhasiat ini sehingga semakin banyak Lagi orang yang akan mengecap kegunaannya.
Setahu saya teh merah roseLLa dapat diminum oLeh siapa saja, karena memang aLami tanpa tambahan zat kimia sintetis, asaLkan daLam dosis yang tepat&tidak berLebihan justru akan membawa manfaat.
Khusus untuk ibu hamiL, akan Lebih baik jikaLau berkonsuLtasi terLebih dahuLu dengan dokter spesiaLis kandungan / bidan yang menangani kehamiLannya, karena bagaimanapun kondisi masing-masing ibu&kandungannya berbeda-beda setiap orang.
Demikian dari saya, semoga bisa membantu. Semoga sukses seLaLu menyertai Anda!

=SaLam.dr.Jogja=

25 08 2007
lili andajani

Hai!
Saya guru….guru Biologi SMP tepatnya. Mau ngajar Biodiversity….saya mau siapkan berbagai minuman dari berbagai tumbuhan untuk media ngajar saya… Jadi anak-anak bisa minum sambil belajar BIODIVERSIY. Tapi saya juga butuh informasi tentang tumbuhan – tumbuhan tersebut, termasuk ROSELLA. Saya mau katakan pada murid saya….betapa kaya Indonesiaku… belajar biodiversity tidak cuma ngapalin nama latin doang…. Beruntung saya menemukan situs ini, banyak info yang dapat saya aplikasikan untuk pembelajaran di kelas saya nanti. Thanks ya !!!

ArezK :
SaLam Bu Guru LiLi, terimakasih sudah berkunjung.
WOW! senang sekaLi saya mendengar bahwa apa yang saya tampiLkan di sini bisa bermanfaat…
Semoga dengan ini akan semakin menambah semangat & kekuatan saya untuk bisa Lebih baik Lagi ke depan…
SaLam untuk murid-murid Ibu LiLi…

12 10 2007
IQBAL

Alhamdulillah…terimakasih pak arezk, informasi inilah yang saya cari2 selama ini. Kebetulan saya telah mengkonsumsi teh roselle, dan telah merasakan manfaatnya. Sekarang saya mulai berfikir untuk mengembangkannya secara komersial. Jika bapak berkenan, maukah bapak memberitahu bagaimana caranya memperoleh bibit roselle. Kebetulan di desa saya masih banyak sekali lahan kosong yang belum dimanfaatkan. Dan apabila nanti ternyata dapat dibudidayakan dengan baik, Bagaimana pemasarannya??? Mohon Jawaban Bapak pada kesempatan Pertama. Atas Jawabannya saya ucapkan banyak terimakasih.

17 10 2007
aBU uTSMAN

Selamat.
Saya senang dengan tulisan tentang bunga rosella ini yg kebetulan baru kami ketahui, dari tamu yg baru saja pulang dari berkunjung lebaran ke rumah kami.
Dari blog ini kami temukan tulisan yg kami anggap bermanfaat.Semoga maz aresz bisa menampilkan banyak lagi info2 ttg tumbuhan yg bagus/indah dan bermanfaat bg kesehatan.
Wassalam.

12 02 2008
abimaura

sebelumnya trims atas infonya. cuma saya masih agak bingung mas,dirumah saya juga tanam beberapa pohon rosella. Kalau boleh tahu bunga yang siap panen itu ciri2 nya seperti apa ya? mohon infonya. Terima kasih . Salam kenal

17 06 2008
ribeth

saya tertarik bisnis ini, dan sudah mulai jalan dengan menjual rosele kering dan manisan, hanya saya ingin mencari sumber yg mudah ..karena saya hanya mencoba menjual saja dan mencoba membuat sendiri manisan bunga rosele.. ada info ?

25 08 2008
ima

wow,
q g nyangka da tumbuhan secantik ini dgn manfaat begitu besar.sebetulnya saya tidak suka berkebun, tapi sejak membaca artikel ini saya jadi tertarik. kira2 buat pemula seperti saya gmn cara mendapatkan bibitnya y?, saya berharap mudah2an bukan hanya artikel ini saja yg bisa mas ariez berikan.

salam

8 02 2009
muti

jadi pengen nanya niiih.. hihihih

kan teh rosella tuh manfaatnya banyak banget…
tapi katanya rasanya kan asam ya…??? nah kira2 kalo orang yang punya maag gmn?? boleh ga minum teh ini??soalna kan kalo asam bisa meningkatkan asam lambung ( hihihihi sotoy)???

makasiiih buat jawabanna..

oia ada info2 lagi ga tentang hubungan/kaitan dari rasa asam teh rosella dengan kandungan saliva( yang termasuk cairan pencernaan -> sotoy lagi)??? kalo ada mw duuunk… bisa buat referensi skripsi.. hiks2.. thx buat bantuan na… hihihihi ^_^

20 11 2009
shahrulpeshawar

Bermanfaat Sekali blog bapak ArezK, saya mohon izin untuk gunakan informasi ini di blog saya nanti. Saya kini sedang menganjurkan satu kempen Kebun Dapur (Kitchen Garden) untuk Malaysian Relief Agency di Malaysia. Kami memberikan bibit roselle ini secara gratis kepada yang berminat.

Gimana ya boleh dapatkan bibt dari Indonesia? Pohon Roselle yang saya punyai mengeluarkan buah yang kelopaknya kembang dan daunya lebar berbanding dengan yang bapak Arezk tunjukkan buahnya berkelopak kuncup dan daunnya halus-halus.

Terima kasih.

8 12 2010
danapamungkas

kami menyediakan bibit belut kualitas unggul, harga 30an/kg.
pemasaran setelah panen jangan kawatir KAMI SIAP MENAMPUNG dengan harga
tinggi. segera

juga menyediakan pelatihan budidaya belut

hubungi saya di 085856318820

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: