Lembaran FuLus Dari Barang-Barang Sampah

7 04 2007

Terbayangkan betapa bahagianya jika Indonesia menjadi negara yang sangat memperhatikan aspek kebersihan, kerapian dan keindahan. Daripada terLaLu jauh mengkhayaL haL-haL yang terasa sangat suLit waLaupun bukan suatu kemustahiLan sebenarnya, aLangkah Lebih baik jika kita bisa memuLai haL-haL baik dari diri kita sendiri yang sekiranya berguna. Jangan pernah menganggap remeh haL-haL keciL dan sepeLe, karena bagaimanapun juga segaLa sesuatu haL yang besarpun tetap dimuLai dari sesuatu yang keciL pada awaLnya. YakiniLah haL tersebut sebagai pendorong semangat untuk muLai meLangkah menuju harapan yang Lebih baik!

CobaLah untuk menengok sekeLiLing kita, dari yang paling dekat bersentuhan Langsung sampai pada haL yang tidak berhubungan Langsung dengan kita sehari-hari. Kita setiap saat seLaLu menghasiLkan apa yang Lazim disebut sebagai sampah, itu memang sudah manusiawi dan kita tidak bisa menghindarinya. Yang perLu mendapat perhatian adaLah bagaimana kita bisa mengurangi dampak negatif yang ditimbuLkan serta akan Lebih baik jikaLau maLah mampu menciptakan niLai positif dari sampah tersebut. Sebenarnya ada banyak cara yang telah maupun beLum diLakukan oLeh orang Lain yang tentu saja dapat kita contoh., dari muLai simpeL sampai rumit dan sangat susah dijaLankan. SeLain akan membawa pada kondisi yang Lebih baik bagi diri dan Lingkungan sekitar kita, juga ada kemungkinan untuk meraup keuntungan dari aspek bisnis jika dikeLoLa secara profesionaLl. Mari kita kupas satu per satu…

 

1. Sampah Kertas

 

Pernahkah Anda menghitung berapa banyak sampah kertas yang teLah kita hasiLkan setiap harinya? Mungkin ada yang mengatakan, ach… cuma sedikit, ga’ apa-apa! Jika semua orang beranggapan seperti itu maka hasiLnya adaLah apa yang kita Lihat sehari-hari di setiap sudut kota-kota Indonesia (waLaupun tidak 100% -red). Mari kita muLai dari pribadi kita sendiri! Kita budayakan hidup yang Lebih ramah Lingkungan. KumpuLkan kertas yang tidak terpakai menjadi satu bagian, pisahkan dari sampah non-kertas Lainnya. Entah itu seLanjutnya mau dibuang ke tempat sampah / dijuaL ke tukang Loak, minimaL kita sudah memudahkan Langkah para pengeLoLa sampah untuk meLakukan pengoLahan tingkat Lanjut.

Bagi para insan kreatif, kumpuLan sampah kertas bisa dibuat menjadi kertas daur uLang. Ada banyak sekaLi panduan membuat kertas daur uLang di internet. Jika berminat, siLakan Anda ambiL dari sini. Panduan tersebut saya dapatkan dari situs http://www.idepfoundation.org Untuk Lebih Lanjut siLakan kunjungi situs tersebut, atau bisa juga googLing untuk mendapatkan sumber yang Lain. Bukan tidak mungkin Anda justru akan menciptakan haL-haL positif yang baru yang akan menginspirasi orang-orang untuk berkarya Lebih baik Lagi daLam memanfaatkan sampah kertas. Terbuka peLuang usaha untuk menjadi produsen kertas daur uLang untuk memenuhi kebutuhan pengrajin souvenir dan handycraft. Bahkan jika Anda bermodaL besar sangat mungkin untuk membuka depot yang menampung kertas bekas baik dari masyarakat secara Langsung ataupun dari pada pedagang Loak keLiLing, untuk seLanjutnya Anda kirim ke fasiLitas pengoLahan sampah kertas besar di Jakarta ataupun Surabaya.

 

2. Sampah Dapur

Sudah menjadi haL umum, yang namanya dapur pasti menghasiLkan sampah. Yang berbeda adaLah voLume yang dihasiLkan dari sebuah keLuarga keciL sampai pada restoran besar. Intinya sama yaitu sisa-sisa dari bahan makanan yang dimasak yang akan dibuang karena sudah tidak digunakan Lagi. Bagi personaL atau keLuarga yang penting adaLah memisahkan sampah organik dari sampah non-organik, akan Lebih baik jika di dapur tersedia Lebih dari satu tempat sampah sehingga sampah Lebih terorganisir daLam pembuangannya. Sampah organik seLanjutnya bisa dioLah menjadi pupuk kompos yang bisa digunakan untuk hobi berkebun atau bahkan untuk tambahan pakan perikanan.

PeneLitian yang diLakukan sejumLah mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Universitas Diponegoro Semarang, yang terdiri dari Amin Nungroho, R. P. Djoko Murwono dan Danny Soetrisnanto pada unit usaha Paguyuban Argo Sebo Rumah Makan MoroLejar, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Limbah rumah makan berupa sisa sayur-sayuran, sisa ikan tawar dan ayam bersama dedak hasiL penggiLingan beras difermentasi dengan menggunakan mikroba Nitrogen Phosphate Recovery Consentred Feed Product Development Organism (NOPCO) selama Lima hari. Hasil fermentasi kemudian di-bLending dan dibuat menjadi peLLet. seLanjutnya diberikan untuk pakan ayam dan ikan tawar. Peternakan ayam dan kolam air tawar itu memang merupakan unit uaha dari rumah makan tersebut, untuk menyediakan pasokan bahan baku bagi rumah makannya.

Sedangkan untuk Limbah padat organik rumah makan yang tidak dapat digunakan untuk bahan pakan diperLakukan dengan cara yang berbeda. Limbah pertanian dan Limbah peternakan berupa kotoran hewan itu difermentasi dengan mikroba Nitrogen Fixation Phosphate and KaLium Microorganism Recovery (NOPKOR, dengan ditambah sedikit pupuk urea, TSP, KCL (1 persen), kompos yang dihasiLkan dari proses fermentasi itu akan menjadi pupuk organik.

DetaiL data teknis bisa didapatkan di sini.

Jadi… siapa biLang sampah dapur hanya mengotori Lingkungan dan tidak bisa menjadi fuLuz…? Semuanya apapun itu, kuncinya terLetak pada penanganan yang tepat sehingga akan membawa pada haL positif.

 

3. Sampah KaLeng

Jika disebutkan satu per satu tentuLah banyak sekaLi sampah kaLeng yang dihasiLkan oLeh kita sehari-hari karena memang banyak sekaLi kemasan kaLeng untuk barang kebutuhan harian. Kita tahu, sumber daya aLam bahan tambang tidak dapat diperbarui dan suatu saat akan habis, oLeh karena itu akan bijak kiranya jika kita ikut andiL daLam gerakan menyukseskan daur uLang. Hubungannya dengan kaLeng adaLah kaLeng baja 100% dapat didaur uLang, bahkan bisa dikatakan sikLus hidupnya tidak akan pernah berakhir.

Apa keuntungan mendaur-uLang kaLeng baja? SeLain mengurangi timbunan sampah di TPA, juga akan menghemat energi dan sumber daya alam. Membuat baja dari kaLeng bekas hanya memerLukan 75% energi yang digunakan untuk membuat baja dari bijih besi. Itu berarti setiap kita mendaur-uLang 1 ton baja, maka akan dihemat 1.131 kg bijih besi, 633 kg batu bara dan 54 kg kapur. Sungguh suatu jumLah yang sangat berarti bagi anak cucu kita. Bagaimana cara memperLakukan kaLeng bekas? Setiap kaLeng yang berasaL dari penggunaan yang bermacam-macam tentuLah memerLukan perLakuan yang berbeda-beda pula.

· KaLeng bekas wadah makanan dan minuman, misalnya kaLeng MiLo, yang pertama kaLi harus Anda Lakukan adaLah meLepas tutupnya, kemudian masukkan tutupnya ke daLam kaLeng dan gencet kaLeng itu dari atas hingga gepeng untuk menghemat ruang di tempat sampah. Anda tidak perLu repot meLepas LabeLnya, namun jika memungkinkan boLeh saja untuk seLanjutnya LabeL tersebut dibuang terpisah ke tempat sampah khusus kertas.

· Untuk kaLeng cat, Anda sebaiknya membersihkan cat sisanya dengan kertas koran bekas dan biarkan kering sebeLum membuangnya ke tempat sampah. Lebih baik Lagi jika kaLeng tersebut digepengkan duLu untuk menghemat ruang di tempat sampah.

· Khusus kaLeng yang mengandung gas aerosoL, seperti kaLeng obat nyamuk semprot, kaLeng parfum dan kaLeng semprot lainnya, Anda harus hati-hati dalam memperLakukan. Jangan digencet atau ditusuk, biarkan tetap seperti adanya. Jangan Lupa meLepas tutup pLastik dan nozzLenya untuk dibuang terpisah di tempat sampah khusus pLastik.

· Sedangkan untuk kaLeng bekas minyak goring. Bersihkan dan keringkan terLebih dahuLu sisa minyak gorengnya. Lepas semua komponen pLastik yang meLekat dan buang di tempat sapah khusus pLastik. BeLah atau gencet kaLeng tersebut untuk menghemat ruang.

Naah… tidak terLaLu susah khan sebenarnya…

 

4. Sampah BotoL

BotoL beLing merupakan sampah berniLai tinggi, apaLagi jika masih utuh dan tidak ada kerusakan. Jika sudah tidak utuh biasanya akan didaur-uLang Lagi bersama dengan beLing-beLing Lain dari berbagai sumber untuk dicetak menjadi botoL baru. Banyak ragam botoL tentu saja membuat harganya pun bervariasi. BotoL bekas minuman seperti Fanta, Coca CoLa, Sprite dan Teh BotoL misalnya, karena bentuknya khusus maka biasanya agak murah karena pembeLinya terbatas hanya perusahaan minuman itu sendiri. Sedangkan botoL kecap yang bentuknya universal Lebih mahaL karena banyak produk yang bisa dikemas dengan botoL jenis itu. Usaha botoL bekas juga memberi peLuang kerja bagi ibu-ibu dan anak-anak, yakni sebagai pencuci botoL.

Di daerah Panguragan, Cirebon, yang dikenaL merupakan pusat penampungan barang-barang bekas. Perdagangan botoL bekas di sana mendominasi hampir separuh kegiatan usaha barang rongsokan, dengan jaringan yang Luas dari para pedagang di Panguragan, bisa dibayangkan betapa besar peredaran botoL-botoL bekas tersebut. Seorang sumber yang tidak ingin disebutkan mengungkapkan bahwa botoL bekas memang primadona di daerah itu, setiap buLan omzetnya bisa mencapai Rp 22 miLiar Lebih. Sungguh bukan jumLah yang sedikit daLam hitungan uang untuk barang seperti botoL bekas.

Tergerakkah hati Anda sekarang untuk Lebih menghargai sampah botoL bekas? Saya harap demikian…

 

5. Sampah PLastik

Barang-barang pLastik sangat beragam yang kita gunakan daLam keseharian karena kepraktisannya. Untuk jenis yang satu ini, seperti yang kita ketahui bersama bahwa pLastik memang didaur-uLang untuk dibentuk menjadi produk-produk baru yang berguna seteLah menjadi sampah, seperti sampah kaLeng baja yang akan terus demikian sikLusnya tanpa pernah berhenti. Untuk ikut berpartisipasi, kita bisa mengumpuLkan berdasarkan jenisnya. PLastik kemasan apapun bentuknya dijadikan satu bagian sebeLum dibuang ke tempat sampah, demikian juga untuk barang-barang perkakas yang terbuat dari pLastik akan Lebih baik untuk dipisahkan dari sampah non-pLastik serta sebaiknya digencet atau dipress sehingga menghemat tempat. Setiap harinya ribuan ton bahkan Lebih sampah pLastik yang terkumpuL untuk didaur-uLang menjadi barang-barang baru. HaL ini merupakan kabar bagus karena berarti penghematan.

Untuk itu, kenapa tidak… kita ikut berpartisipasi?

 

6. Sampah B3 (Limbah Berbahaya)

Yang akan saya sampaikan adaLah cerita pengaLaman yang saya kutip dari tabLoid Kontan.Limbah B3 yang berbahaya ternyata bisa menghasiLkan uang. Limbah cairan cuci cetak fiLm (fixer), biLa bisa memprosesnya maka akan menghasiLkan perak murni. SeLain fixer, Limbah negatif fiLm pun bisa dioLah hingga menghasiLkan perak. Persoalannya adaLah diperLukan pengetahuan proses kimia yang memadaikarena proses ini meLibatkan bahan-bahan kimia yang berbahaya dan beracun.AdaLah Soeyanto, warga Surabaya yang teLah 20 tahun menekuni bisnis ini. AwaLnya sebagaimana dikisahkan tabLoid Kontan, Soeyanto beLajar dari seorang temannya yang bernama Suko. SeteLah merasa bisa, muLaiLah ia merintis usaha sendiri. Pertama memuLai usaha itu, dia memperoLeh fixer secara gratis karena bahan ini memang menjadi persoaLan bagi pengusaha cuci cetak fiLm. Dibuang sembarangan bisa membahayakan Lingkungan, dan mereka tidak tahu juga harus diapakan. Meski sudah berbekaL pengetahuan dari temannya, Soeyanto masih tetap meLakukan berbagai percobaan untuk mendapatkan metode pengoLahan Limbah yang tepat, efisien, tidak membahayakan diri dan Lingkungannya.

Untuk bahan baku, Soeyanto membeLi fiLm bekas dengan harga Rp10.000,00 per kuintaL, sedangkan harga fixer Lebih bervariasi tergantung penjuaLnya. Kisarannya antara Rp2.500,00 – Rp25.000,00 per Liter. Dari satu kuintaL negatif fiLm bisa dihasiLkan 1 kg perak murni, sedangkan dari fixer diperoleh 1 kg perak dari sekitar 50 Liter fixer. DaLam satu buLan rata-rata Soeyanto menghasiLkan 8 kg perak dari fixer dan 6 kg perak dari negatif fiLm sehingga totaL dihasiLkan 14 kg perak. Jika harga perak Rp1.400,00 per gram maka daLam sebuLan Soeyanto memperoLeh pendapatan kotor sebesar hampir Rp20.000.000,00. Tentu saja angka itu harus dikurangi dengan pembeLian bahan baku dan bahan pemroses yang juga tidak kaLah mahaLnya. Namun itu adaLah gambaran betapa dari barang yang tadinya tidak berguna dan bahkan berbahaya ternyata dapat menghasiLkan rejeki.

DetaiL cara pembuatan perak murni oLeh Bapak Soeyanto dapat Anda unduh di sini.

 

7. Sampah Kain

Kain yang disebutkan disini bisa berasaL dari apa saja, misaLnya pakaian, gorden, serbet, tapLak meja dan Lain-Lain. Jika sudah rusak ataupun sudah tidak terpakai maka berubahLah statusnya menjadi sampah kain. Pemanfaatannya bervariasi sesuai situasi dan kreativitas masing-masing, misaLnya dipakai untuk cuci motor, Lap dan bahkan bisa juga dimanfaatkan untuk tujuan komersiaL sebagai bahan baku barang kerajinan. Barang-barang dari kain yang sudah tidak terpakai namun masih Layak pakai juga bisa disumbangkan kepada orang yang membutuhkan, terutama dengan banyaknya bencana aLam yang terjadi akhir-akhir ini. Mungkin bagi Anda sudah tidak berguna, tapi bagi orang Lain beLum tentu.

SaLah satu peLuang bisnis untuk menduLang rejeki dari sampah kain adaLah Lap dari kain perca. Kain perca yang merupakan Limbah di pabrik konveksi bisa dibuat menjadi barang yang berniLai. SaLah satunya adaLah mengubahnya menjadi kain Lap. Sederhana saja, biLa kain perca masih cukup besar tinggaL dipotong sesuai kebutuhan dan kemudian dijahit pinggirannya. Untuk perca ukuran keciL-keciLmaka dibutuhkan kreativitas dengan menyambung-nyambungkannya sehingga menghasiLkan ukuran yang dikehendaki dengan desain yang baik pula. Bahan baku kain perca biasanya dijuaL per karung, harganya sekitar Rp500,00 per kiLogram.

Tentu saja kondisinya masih tercampur-baur tidak karuan berbagai ukuran dan motif. Biasanya juga ada dibutuhkan pekerjaan menyortir kain perca itu berdasarkan ukurannya. Saat ini, sekitar pertengahan tahun 2002, ongkos sortir berkisar pada angka Rp50,00 per kiLogram. Karena kuaLitas bahan dan ukuran kain perca sangat beragam maka kuaLitas Lap yang dihasiLkan pun beragam. Kain Lap yang paLing mahaL adaLah yang berwarna putih dan tebaL, berukuran 10 cm x 15 cm. Untuk jenis ini harganya bisa mencapai Rp6.000,00 per kiLogram. Jika bahannya tidak terLaLu tebaL, kain Lap bisa dibuat daLam dua Lapis namun harganya turun menjadi Rp3.500,00 per kilogram. KeLas di bawahnya Lagi adaLah Lap berukuran 5 cm x 15 cm, bahan berbagai warna. Untuk yang berbahan tebaL, sehingga hanya perLu satu Lapisan harganya Rp2.500,00 per kiLogram, sedangkan yang tipis sehingga dua Lapis harganya Rp1.500,00 per kiLogram. Harga paLing rendah adaLah Lap yang terbuat dari kain perca yang keciL-keciL. Sedemikian keciLnya bahkan kebanyakan hanya seLebar pita, maka kain perca itu dijahit secara meLintang sedemikian rupa menjadi yang paLing tebaL, harganya Rp1.000,00 per kiLogram.

 

Ada masih banyak sekaLi sebenarnya haL-haL positif yang dapat dijaLankan baik itu berorientasi kegunaan ataupun komersiaL, tinggaL bagaimana pandai-pandainya kita menangkap peLuang. Sesungguhnya niat baik akan Lebih baik jika dijaLankan dan bukan hanya dipikirkan tetapi tanpa praktek nyata di Lapangan. ALhamduLiLLah saya dan rekan-rekan kost teLah berhasiL menjaLankan beberapa haL yang dampaknya sangat positif terasakan bagi semuanya.

Demikian sharing dari saya. SegaLa komentar, masukan, saran dan tanggapan sangatLah saya harapkan demi untuk kebaikan kita semuanya. Terimakasih…

 


Aksi

Information

93 responses

14 04 2007
batistuta 9

saya terima kertas bekas dalam partai besar,timbang langsung bayar tunai,jenis kertas apapun kami siap membelinya.jgn sungkan email kami di john_wi7aya@hotmail.com,harga pasti tinggi karna kami supplier kertas di salah satu pabrik kertas di bandung & jakarta.kami terima khusus wilayah bandung.salam

24 09 2009
aqillanadya

Salam kenal
kami adalah supplier pulp kertas semen. kami diberi quota dari pabrik 300 ton/bulan. Apakah kita bisa bekerjasama dalam pengadaan pulp kertas semen?. apabila anda mempunyai kenalan pabrik pengolahan seperti yang anda sebutkan diatas apakah bisa memproduksi bubur kertas semen dengan sistem kami akan menyupai bahan baku kertas semennya dan anda yang menyuplai pulp kertas semennya kepada kami. apabila anda berminat hubungi kami aqillanadya_traco@yahoo.co.id

Terima kasih
aqillanadya_traco

18 04 2007
arezk

Terimakasih utk Saudara/i NeLLy Sutanto atas informasinya,
Kepada para pembaca sekaLian yang berada di wiLayah Bandung &merasa berminat, siLakan untuk berkomunikasi Langsung via e-maiL yang tercantum diatas.

Serta kepada para pembaca sekaLian yang memiLiki informasi, jangan segan-segan untuk sharing informasi kepada semuanya…

Mari kita wujudkan Keterbukaan Informasi yang positif & berguna bagi semua.

Terimakasih
=SaLam.dr.Jogja=

18 04 2007
muslimah

Bagaimana dengan sampah masyarakat…?

18 04 2007
arezk

@musLimah:
terimakasih teLah berkunjung & memberikan komentar…
mohon dimaafkan jikaLau saya tidak bisa memberikan inspirasi/ide/informasi mengenai pemanfaatan “sampah masyarakat”:mrgreen:

terusterang saja, sampai saat ini memang teLah banyak dijumpai di sekitar kita adanya sampah masyarakat, namun ternyata suLit sekaLi untuk diLakukan daur-uLang. Cara paLing efektif untuk penanganannya adaLah dengan cara PEMUSNAHAN sampai ke partikeL-partikeL terkeciL. Mengenai detaiL teknis bisa disesuaikan dengan situasi&kondisi Lingkungannya.

Demikian dari saya, semoga bisa diterima & bermanfaat.
=SaLam.dr.Jogja=

18 04 2007
hafiz

Wah, salut! Informatif dan detail sekali info tentang sampah ini, jadi belajar banyak.

Salam kenal, mas!

18 04 2007
arezk

@Hafiz:
SaLam kenaL baLik Bro Hafiz…
terimakasih atas tanggapan positif Anda terhadap artikeL yang ada di BLog ini, terutama artikeL mengenai sampah.

Mari kita saLing beLajar, sharing informasi&pengetahuan.

=SaLam.dr.Jogja=

26 04 2007
doni_pabhassaro

hai,,

you are so cool man,

oh yach, gw mau nanya km punya informasi apa aja tentang pengolahan samapah. jujur gw mau buka usaha pendaur ulangan sampah hingga pengembangannya yang lebih lanjut. gw mau belajar banyak aja. mungkin km mau bantu gw. gw mau tau cara, proses, pemasarannya? atau apa aja dech tentang pendaurulangan sampah terutama sampah plastik. thanks bgt yach.

salam kenal!!

24 09 2009
aqillanadya

kami mempunyai stok beling bekas lampu neon yang sudah dihilangkan putihnya (neon). kapasitas yang bisa kami supplay 100 ton perbulan. apabila berminat hubungi kami di aqillanadya_traco@yahoo.co.id

Terima kasih
aqillanadya_traco

26 04 2007
arezk

@Doni Pabhassaro:
Hai juga…
terimakasih teLah berkunjung (serta pujiannya🙂 tapi saya maLah hot kok, hehehe… just kiddin’)

Terusterang saya beLum mempunyai informasi Lain yang Lebih mendaLam seLain yang sudah saya tampiLkan di tuLisan. TuLisan saya semata-mata karena saya sangat tertarik dengan fenomena sampah & penanganannya di beberapa daerah di Indonesia.

Saya pribadi sebenarnya berminat untuk membangun usaha di bidang penanganan sampah tetapi karena keterbatasan sarana&prasarana maka sampai sekarang beLum dapat terLaksana. Sungguh! sangat saya dukung jika Anda berniat untuk membuka usaha daur-uLang sampah karena seLain sangat berdampak positif juga peLuang masih sangat terbuka Lebar. Untuk informasi Lebih jauh tentang usaha daur-uLang, siLakan Anda bisa datang ke Depperindag Daerah Anda untuk mendapatkan informasi perusahaan-perusahaan baik LokaL maupun NasionaL yang menerima produk usaha penanganan sampah (Logam rongsokan, pLastik, karton&kertas, beLing kaca &produk jadi seperti kompos), seLain itu Anda juga bisa menjaLin kerjasama dengan WALHI ( http://www.walhi.or.id ), LSM yang concern terhadap penanganan sampah serta tentu saja meLakukan komunikasi dengan pihak aparat pemda.

sekedar informasi, yang mungkin berguna bagi Anda:
http://www.terranet.or.id
http://www.jala-sampah.or.id
http://gdpsk.blogspot.com
seLebihnya Anda bisa googLing.

Demikian dari saya, semoga bisa membantu Anda.
Kabari saya jika Anda sudah memuLai usaha, terimakasih.
=SaLam.dr.Jogja=

9 05 2007
bundaazka

kalo mau cari sampah kain perca di mana Bang Arezk?

3 11 2009
totok

saya dan temen-temen mengelola lapak kain perca yang langsung kami terima dari pabrik. jenisnya macam-macam. untuk detailnya mengenai harga dan deliverinya dapat dihubungi e-mail saya. suprapto.bpptbas@yahoo.com

9 05 2007
Nurdin

Halo bos Arezk saya nurdin salam kenal, saya tertarik dengan artikel yang bos buat ini. Gw mo tanya bos punya kenalan yang menjual barang bekas tidak, khususnya jenis beling. Soalnya gw baru aja dilimaoahin sama bokap usaha daur ulang berupa beling. Sekarang stok dipabrik yang gw supply sedang butuh beling banyak. Gw diharuskan menyuplay sedikitnya 75 ton beling/ hari. Itu berupa beling putih dan merah. Kalau bos tertarik bisa menghubungi gw di email ini ud_sdb@yahoo.co.id keuntungannya jangan ditanya bos, pasti bos dah tahu sendiri. Bisnis ini bisa menghasilkan skitar 20-50jt/ bln bahkan bisa lebih kalau digeluti dengan serius. Ya begitu aja informasi dari saya semoga kita bisa kerja sama nantinya. Terima kasih atas waktunya untuk membaca komentar saya ini

12 05 2009
darwis

ass.alaikum pak nurdin, saya sangat tertarik dengan tawaran bisnis anda (mencari pemasok beling), ketertarikan saya di karenakan di daerah saya (kota kendari Prov. Sultra) usaha pengolahan beling belim begitu banyak, dan bahan bakunya juga masih sangat banyak. Kalu boleh tau jenis beling yang bagaimana yang anda butuhkan ?
terima kasih,
darwis

E-mail. darwis076601024@yahoo.com

24 09 2009
aqillanadya

salam kenal
Kami mempunyai stok beling bekas lampu neon yang sudah dihilangkan putihnya (neon). kapasitas yang bisa kami supplay 100 ton perbulan. apabila berminat hubungi kami di aqillanadya_traco@yahoo.co.id

Terima kasih
aqillanadya_traco

24 09 2009
aqillanadya

kami mempunyai stok beling bekas lampu neon yang sudah dihilangkan putihnya (neon). kapasitas yang bisa kami supplay 100 ton perbulan. apabila berminat hubungi kami di aqillanadya_traco@yahoo.co.id

Terima kasih
aqillanadya_traco

9 05 2007
arezk

@Bundaazka:
SaLam Bunda…terimakasih teLah mampir,
untuk mendapatkan sampah kain perca biasanya Langsung datang ke pabrik-pabrik garmen/konveksi baik skaLa besar maupun keciL sesuai dengan daerah Bunda. Untuk skaLa keciL, bisa ke daerah sentra penjahit yang bahkan jika mau negosiasi serta mau berpayah-payah sedikit dengan mengambiL/mengumpuLkan sendiri sisa-sisa perca bisa gratis gratis karena artinya sama dengan membantu membersihkan.
Demikian, semoga bisa membantu…

@Nurdin:
Wow…SaLam kenaL Boz Nurdin,
Terimakasih atas kunjungan ke BLog saya ini…
(saya beLum menjadi Boz seperti Anda kok, tapi saya mengaminkan… smoga bisa cepat menjadi Boz seperti Anda, OK…)
Terusterang saja, saya memang sangat tertarik dengan usaha daur-uLang barang bekas namun sayangnya beLum bisa terjun Langsung sampai sekarang ini, OK nanti saya coba hubungi rekanan saya yang punya usaha ini.
Kepada semua pembaca yang tertarik, siLakan segera hubungi Boz Nurdin untuk menjaLin kerjasama… Ayo Ayo… SiLakan!
Terima kasih atas informasi yang diberikan, Sukses Untuk Anda!

=SaLam.dr.Jogja=

22 06 2007
ambar rukmi

Bang Arezk, saya tertarik dg daur ulang sampah b3, mau download caranya tapi link-nya udah ga aktif, gimana ini…?#$%*
o..ya Bang Arezk tau gimana caranya manfaatin limbah elektronik yg bisa diambil kandungan emasnya..? makasih..

ArezK :
Terimakasih atas tanggapan positif dari Mbak Ambar Rukmi
Saya bersyukur apabiLa apa yang saya tampiLkan dapat berguna bagi sesiapa saja yang membutuhkan. Oia mengenai Link yang teLah off, mohon dimakLumi karena ternyata settingannya cuma aktif untuk tempo 3bLn (dari http://www.gudangupload.com) &BadNews-nya Lg adaLah adanya something error&troubLe@server gudangupload sehingga fiLe-fiLe saya disana Lenyap tak berbekas…

Smoga saya masih bisa menemukan fiLe back-up di komputer saya & secepatnya saya kirimkan via e-maiL ke Mbak Ambar, &mengenai pengoLahan Limbah untuk mendapatkan emas kemungkinan metodenya sama hanya teknis&zat kimianya saja yang berbeda, semoga saya bisa mendapatkan data tentang itu sehingga bisa ditampiLkan untuk semuanya…

Demikian dari saya, semoga bisa membantu.

=SaLam.dr.Jogja=

31 08 2007
Tiwi

Salam kenal. Saat ini organisasi di kampus saya akan mengadakan Kampanye Pemilahan Sampah. Salah satu rangkaian kegiatannya itu berupa pameran kerajinan olahan dari sampah. Jika Mas ArezK punya link/Contact Person ke pengrajin yang bisa memanfaatkan sampah tersebut, mohon hubungi saya.

Terima kasih ^^

4 09 2007
eve

Bang Arezk, saya tertarik dengan pengolahan limbah B3,tapi file sharingnya error, kalo ketemu file backupnya bisa tolong email ke : eve_lyn_81@yahoo.com
terima kasih ^_^

20 09 2007
registerman

Bos gw dikirimin dunk cara pembuatan perak murni oleh Bpk Soeyatno, sbb pas gw dunlud ga bisa.
Thanx.

21 09 2007
Sin

Salam kenal Bang Arezk. Saat ini saya sedang usaha cetak foto. trus air kimia buangan mesin saya katanya dapat di olah lagi menjadi perak. gimana caranya mengubah air kimia buangan dari mesin cetak FUJI frontier 330 menjadi perak? kalo bisa, bole tau caranya ga? tolong email ke SIn2@gmail.com ya. thx…

7 10 2007
danst2jc

Salam kenal Bang Arezk. saya tertarik dengan artikel yang Bang Arezk tulis. Kalo boleh saya minta file – file yang ada tentang sampah yang sudah Bang Arezk tulis di atas.Boleh kirim ke email saya danst2jc@yahoo.com. Soalnya saya baru melirik bisnis sampah sebagai usaha sampingan saya. Terima kasih

24 10 2007
Trie

Bisa kasih penjelasan lbh detil ga mengenai cara daur ulang nya.
Kl cmn ngmong sih gmpng emang, skrg misalnya kta mau melaksanakan dr diri kita sendiri gmn?
Perlu ide nih, spt misal sampah botol plastik gitu, ada idekah kira2 bisa dibuat apa gitu …

29 10 2007
nurchan

salam kenal mas..saya pemula yang mau menggeluti dunia sampah,,biar lingkungan kita bersih dari barang-barang yang tidak berguna gitu..nama say nurchan, seorang mahasiswa di daerah solo,,pgn menggeluti tawaran kerjasama dari anda..terus terang sy sgt berminat sekali..disamping kulaih,sy aktif di organisasi..selain sebagai tenaga honorer di kabupaten..mohon info tentang harga2 beling yang anda butuhkan..thanks..

29 10 2007
nurchan

slm kenal dari cah solo..namaku nurchan,mahasiswa dr solo,,ju2r aja sy sangat berminat dengan usaha saudara nurdin..bisakah sy minta info alamat n hrg2 beling yg anda bthkan?..truz dg bundaazka,minta alamat n no tlp anda,,mungkin sy bs jd supplier..tlg jg kalo mas arezk,,kalo tau info penjualan kertas koran bekas di jogja,ato kerajinan yang bth supplier..aku punya stok koran bekas lumayan banyak..emailku,,nurchan1984@plasa.com..hp 08179468563..thanks

16 11 2007
tata

mas arezk,salam kenal..terus terang stlh baca artikelnya, smgt saya untuk mengolah sampah timbul lagi, sempat terpupus karena ketidak tahuan metode pengolahannya, jadi tlg kirim via email ttg cara2 pengolahan sampah, khususnya kertas dan botol/kaleng,perlu diketahui bahwa sy tinggal di Kupang NTT, jd keinginann saya untuk mengolahnya sndr, dan modalnya jgn byk2 ya..eia.untuk kaleng apakah bisa kita olah sendiri?emailku (ta.leste@gmail.com) ato ta_leste@plasa.com. thanks mas arezk..

19 11 2007
helmy

Salam kenal bang Arezk, saya urang Bogor, juga menerima kertas bekas dengan jumlah berapa pun. Sementara untuk wilayah Bogor dan sekitarnya. Bila ada yg berminat utk menjual kertas yang sudah tak terpakai, jangan ragu-ragu untuk email saya di kakahelmy@gmail.com. Selain itu saya juga menerima sampah bekas sandal karet.

Sekalian menggalakan program pemerintah untuk memanfaatkan limbah sebaik2nya… Terima kasih.

Buat bang Arezk, kalo ada file2 teknis pemanfaatan limbah yang lain, boleh kirim ke email saya ya bang. Terima kasih dan saya tunggu

15 12 2007
Yana

Bos Arezk, saya tertarik dengan pengolahan limbah B3 khususnya fixer, tolong ya kalo ketemu file backupnya (soalnya yg asli linknya error)bisa tolong email ke : Acheelthea79@yahoo.co.id
Hatur nuhun pisan ….

26 12 2007
agnezz

salam kenal mas arezk , setelah membaca artikel – artikel mas arezk terus terang saya kagum karna ide ide mas arezk yang kreatif .
saya tertarik dengan pengolahan sampah , kebetulan saya dan teman *ingin memcari pekerjaan tambahan yang tidak memerlukan modal besar
kalo boleh tolong dong dikirimin cara pengolahan sampah dan pemanfaatan serta pemasarannya gimana?
tolong kirim ke email : nest_solo@yahoo.co.id
terima kasih sebelumnya

31 12 2007
sofyan

Bos Arezk, saya tertarik dengan pengolahan limbah B3 khususnya fixer, tolong ya kalo ketemu file backupnya (soalnya yg asli linknya error)dan sy jg pengen tau lbh detail komposisinya bisa tolong email ke abrillyan_@plasa.com
makasiii bgt.

3 01 2008
Encep

Om arezk, Bpk saya punya foto studio yang lumayan besar, saya bingung mo diapain limbah fixernya. Dari pada di buang sia-sia mgkin om arezk bisa membantu. Email saya di Encepx1@yahoo.com

Tengkyu…

9 01 2008
Ovi

Mm,, menarik ya topik nya.
Semakin orang banyak tersadar untuk melakukan perubahan.
Kebetulan saya punya koran bekas dalam jumlah lumayan banyak dan botol plastik termasuk botol plastik bekas kosmetik di rumah. Saya berniat untuk menjualnya. Jika berminat hubungi email saya callme_clara@yahoo.com.
Saya berdomisili di bekasi namun lebih sering di jakarta.
Terima kasih

20 02 2008
i_one

Salam kenal mas arezk,sudah lama saya berminat skali membuka usaha daur ulang sampah.Terutama sampah kertas,tapi saya nggak tahu kalo sudah dapat kartas banyak ntar mau dkirim kemana?kalo mas arezk tau perusahaan daur ulang sampah kertas dan daftar harganya bisa kirim ke email saya i_one_softbank81@yahoo.co.id tolong bantu saya dong?

24 02 2008
sidiq

aku ada kesulitaN MENCARI LIMBAH PLASTIK JENIS PE SUPER klo ada yg punya tolong hubungi no 085868025758 a/n sidiq,makasih sebelumnya,berani beli tinnggi,daftar harganya bisa kirim ke email saya shodho_88@yahoo.com

14 03 2008
Cocoryco

Mas aq tertarik manfaatin limbah pencucian film. Tolong aq di kirimi file caranya. Lewat email coco.ryco@yahoo.co.id makasih yamas.

Salam kenal.

16 03 2008
meku

Mas mau donk file pembuatan perak dari limbah pencucian film. Tolong kirim ke meku_blue@yahoo.com ya,,,

makasih sebelumnya.

25 03 2008
aldo

mas, kasih tau dong cara ngedapetin perak dari limbah fixer.
kirim ke aldo_waste@yahoo.com yaa
terima kasih

30 03 2008
american physical therapy continuing education

kemper auto insurance [url=http://kemper-auto-insurance.bigbigsam.net/]kemper auto insurance[/url] http://kemper-auto-insurance.bigbigsam.net/ higher education financial aid office supplies [url=http://aromatherapy-education.bigbigsam.net/higher-education-financial-aid-office-supplies.html]higher education financial aid office supplies[/url] http://aromatherapy-education.bigbigsam.net/higher-education-financial-aid-office-supplies.html buisness credit cards [url=http://prepaidcredit-cards.bigbigsam.net/buisness-credit-cards.html]buisness credit cards[/url] http://prepaidcredit-cards.bigbigsam.net/buisness-credit-cards.html business ebook internet marketing money success [url=http://direct-marketing-business.bigbigsam.net/business-ebook-internet-marketing-money-success.html]business ebook internet marketing money success[/url] http://direct-marketing-business.bigbigsam.net/business-ebook-internet-marketing-money-success.html art education quotes [url=http://educationquotes.bigbigsam.net/art-education-quotes.html]art education quotes[/url] http://educationquotes.bigbigsam.net/art-education-quotes.html

5 04 2008
alex kandar

lam kenal ,,,,,, Q salah satu mahasiswi politeknik di bandung,,,,, mw minta solusinya donks,,, di daerah sekitar kampus Q itu warga masyarakatnya masih kurang peduli akan sampah,,,, niatnya Q mw mengajak mereka bisnis di bidang sampah ini,,,, caranya gimana ya mas ? kirimin solusinya ke el_cha3m75@yahoo.com hatur nuhun

11 04 2008
gembong

Bang arezk tolong kirimkan cara pembuatan proses pengolahan limbah fixer ya ke gembong_triatmadja@yahoo.co.id Kalo harga film bekas untuk film x-ray udah Rp.25.000,-/kg. Ada yang berminat……..

13 04 2008
ali

den mas, artikel dan cara pemanfaatan limbah elektronik dan sebangsanya ada? tolong saya dikasih tahu. syukur2 ana nilai ekonomisnya.
salam

29 04 2008
christine

salam kenal.. saya salah satu mahasiswi perguruan tinggi di jakarta.. saya ingin memanfaatkan sisa-sisa bahan dari konveksi.. bahan-bahan yang saya dapat ini aga besar dan tidak kecil seperti kain perca.. minta tolong diberitahu, ada ide untuk memanfaatkan bahan-bahan tersebut tidak selain dijadikan taplak meja dan keset kaki?? lalu ada cara2nya tidak? kalo ada tolong dikirim ke email saya ya..

atinx_jc@yahoo.com

thx banget ya.. ditunggu kabarnya..

6 05 2008
risamarshmellow

tulisan yang menarik untuk dibaca dan tentunya sarat dgn informasi.
salam knal…
boleh copy paste tulisan bang arezk?
buat nambah bahan tulisan.
Coz Q skrng sedang lg bikin karya tulis tentang “Usaha Pengepulan sampah sebagai alternatif upaya meningkatkan perekonomian masyarakat”. bulan depan, Q maju lomba karya tulis tingkat wilayah di kalimantan barat.

31 05 2008
gembong

Makasih, bang arezk untuk file2xdaur ulangnya,terutama silver recovery. Tapi bang arezk kalo ada ttg design mesin/perangkat silver reovery eletrolisis. kalo sistem yg bang arezk kasih masih bikin polusi udara alias bau menyengat. please ya…Thanks

3 06 2008
Dwiyo S guritno

Dear,

Maz Arezk
saya pingin tahu salah satu pengrajin barang bekas kaleng,di sekitar jakarta dan akan kita libatkan dalam acra lounching Film WALL-E di Plaza Atrium Segitiga Senen Jakarta.
Terimakasih atas bantuanya dan Informasinya.

salam,

Dwiyo S Guritno

5 06 2008
Joo

Hallo Mas Arezk…..Sugeng sonten. Saya tertarik setelah baca apa yang “panjenengan” paparkan diatas mengenai pengolahan limbah B3 menjadi perak murni. Nyuwun tulung buat dikirimkan formula detailnya jika “kepareng ” buat saya minta. Salam dari kota ‘Daeng’ Makassar. (Saya jg Asli jogja Mas, cuma kebetulan tugas saya di Makassar) Dan kalo boleh tahu alamat Jogja dimana ya, jd kalo pas pulang saya bisa cari buat “ngangsu kawruh” ke Mas Arezk? Maturnuwun.
Email saya : jonetpamungkas@yahoo.com

11 06 2008
hendrik

mas,bagi donk file cara menghasilkan perak dari limbah berbahaya…
kirim lewat email,,thanks berat…

19 06 2008
Bodong

Mas arez saya tertarik dengan pengolahan limbah fixer dan negatif film. Tolong saya di kirimi file pengolahan limbah fixer dan pengambilan emas dari komponen elektronika ke Bajinkbodong@gmail.com. Makasih ya mas sebelumnya.

11 07 2008
Surahman

Selain saya punya situs Download Eboo gratis, Silahkan kalau mau Download
di http://www.internetmudah.net46.net Sya juga bergerak di bidang limbah Konveksi barang kali ada yang berminat silahkan hub saya Via Email agritamamaharani@gmail.com atau Hp.08888506877
Thank’s buat blogmasternya.

5 08 2008
saiful

Kang Arezk, mau dong di kirim proses daur ulang fixer + film untuk menghasilkan perak.
di-ismail-kan ke saiful_islah@yahoo.co.id

Terima kasih Kang,

Salam

Iluf

13 08 2008
tono

tulisannya bagus mas, saya tertarik mengolah bahan elektronik untuk diambil emasnya.
mohon tolong dikirim filenya ke suhartono.st@gmail.com

makasih ya

21 08 2008
doni Pabhassaro

mas, masih ingat saya,

berkat bimbingan dan doa mas, saya sekarang jadi duta hijau indonesia yang kan dikirim ke jerman awal november ini. saya terus coba menelusuri permasalahn tentang sampah..dan saya coba membuat inovasi dan membuat program dan jadilah biobriket. dan sekarang ini masih dalam tahap penelitian. biobriket ini diharapkan akan menjadi bahan bakar alternatif pengganti kerosin atau minyak tanah dan juga gas LPG. sedangkan hasil sampingannya dapat digunakan sebagai pengawet yang food grade. hal ini juga masih dalam tahap penelitian.

jika mas berminat, saya akan bersedia membagi ilmu dan pengalaman saya baik dari segi penelitian, link waktu saya di jerman, dan ilmu pengetahuan saya terutama berhubungan “alternative energy”.

makasi mas,

doakan saya agar dapat banyak belajar dari negara maju seperti jerman, sehingga dapat saya aplikasikan di indonesia.

Doni Pabhassaro
(doni_pabhassaro@yahoo.com)

23 08 2008
riznika Kurniani

Salam kenal mas Arezk,,
saya mahasiswi suatu perguruan tinggi negeri di Semarang.
saat ini sedang mengambil tugas akhir tentang Potensi Ekonomi Sampah Anorganik Melalui Konsep Daur Ulang.
saya sangat tertarik dengan tulisan Anda,,
saya ingin mengetahui untuk biaya produksi dan cara pengolahan sampah anorganik dari barang mentah hingga ke barang jadi,,
semisal untuk plastik menjadi biji plastik,tidak menutup kemungkinan bahan lain yang dapat didaur ulang
sampai saat ini pengetahuan saya hanya terbatas pada sampah plastik,kertas, botol (beling), kain saja,,apakah ada potensi untuk sampah anorganik lainnya??
jika ada bisa minta tolong dikirim ke e-mail saya riznika_kurniani@yahoo.com
untuk biaya produksi, hanya untuk keperluan tugas akhir saya saja,,
Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,,

25 09 2008
takhul

saya tertarik juga dengan usahanya, tolong kasih resep agar saya juga mempunyai semangat & ide2 seperti itu.

25 09 2008
firman sastra

terima kasih mas atas impormasinya.saya sangat tertarik dgn bisnis ini .apa2 saja yg bisa diambil bahan2baku untuk perak dan mas,selain fixer dan limbah elektronik? ,dan tlg mas kasih imponya cara2nya pengendapan dan pengeleburannya .dan bagaimana syarat2nya tlg
e-mail ke:fshrp@yahoo.com.id

18 11 2008
fuad

salam kenal, mas
saya tinggal di gresik punya ber truk-truk limbah dari pabrik sandal new era,
jika ada yang berminat bisa kontak ke achmad_fuad2003@yahoo.com
terima kasih

23 11 2008
yoyo

mas mau tanya nich,masalah pengolahan limbah flixer.salah satunya harus menggunakan kimia boras.yg mauQ tanyakan.boras apakah sama dgn borak.klo lain,apa nama kimianya boras&bentuknya cair atau padat.mas arezk aq tunggu blsannya di email ku yach.trims.salam dari jogja

12 12 2008
yeye

Mas arez saya tertarik dengan pengolahan limbah fixer dan negatif film. Tolong saya di kirimi file pengolahan limbah fixer dan pengambilan emas dari komponen elektronika ke esrcesd@yahoo.com. Makasih ya mas sebelumnya.

22 12 2008
Monika

Heyy.. saya tertarik soal sampah plastik nih. Jenis plastik apa saja yang bisa didaur ulang? Apa kantong plastik juga bisa? Tau tempat yang menerima pendaur ulangan plastik di Jakarta tidak? Thanks.

25 12 2008
Suwarno

Saya sedang mengusahakan bisnis Botol bekas, apabila ada memiliki botol bekas dalam jumlah banyak.Bisa menghubungi saya di EMAIL : suwarno2688@yahoo.com. Thanks

5 01 2009
arief

Mas, boleh tau informasi pabrik daur ulang sampah di wilayah jogja ga?tolong kirim ke email saya ya mas…makasih

10 01 2009
yo_2

mar aresk saya sudah coba memproses fixer.seperti yg tertulis pada blok ini tapi ga2l&modal melayang.gak apa.kasih tau dong cara yg benar.klo menurut yg tertulis disini fixer yg sudah di endapkan dgn asam sulfat,apa bila di panaskan sangat berbahaya bagi kesehatan,bukan cuma paru2.tapi jantung.mata,saraf otak juga kena mas.dan peraknya tdk dapet.krn saya udah coba.jadi tlng kasih petunjuk yg benar.saya mengharap blasan & cara pemrosèsan yg pasti& benar.trim’s yoyo.pranoto@gmail.com

10 01 2009
yo_2

mar aresk saya tunggu blsnya saya dulu pernah menanyakan pengolahan limbah fixser yg benar.kok gak ada blsanya.trim’s.yoyo.pranoto@gmail.com

26 01 2009
pramono

mas aresk saya mau tau mesin atau alat lainnya untuk penghancur beling & harganya kira2 berapa ya….?trim

26 01 2009
pramono

mas aresk saya mau tau mesin atau alat lainnya untuk penghancur beling & harganya kira2 berapa ya….?trim aguspram81@yahoo.com

5 02 2009
sugeng

thanks atas informasinya, saya tertarik limbah rumah makan, saya mau tanya mikroba Nitrogen Phosphate Recovery Consentred Feed Product Development Organism (NOPCO) apa sih, dibeli atau dibuat kalo dibeli, beli dimana, thakns

17 02 2009
ristina

mas Arezk, saat ini saya lagi nyari informasi dan pengen ikut dalam komunitas pembuatan kerajinan baik dari sampah daur ulang maupun dari bahan2 alami yang dikeringkan. Saya pengen banget belajar banyak tentang pengolahan dan pengelolaan lingkungan. Apa di Walhi juga ada komunitas semacam ini, maksudnya sebagai pengolah bukan hanya mendistribusikan bahan ke komunitas tertentu. O iya saya tinggal di Jogja.
Saya tunggu ya mas jawabannya…dari kemaren browsing di internet belum ketemu nih.
Thx b4

20 02 2009
Siska

Hmmmm…..
Mo nanya niy….
barang2 bekas yang dijelasin kayaknya agak kurang jelas deh manfaatnya…
bisa lebih dijelasin ga????
tapi,aq salut juga masih ada orang yang peduli akan lingkungan….

26 02 2009
jion

saya salut ama mas arezk bisa jadi orang kreatifff.kembangkan terus.aku dukung dehhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh.

27 02 2009
toufan

Asyik ya …. ternyata dari bahan bahan yang sudah terbuang masih bisa memberikan sesuatu ke pada manusia ..😉 salam bos🙂

25 03 2009
dnoer

Mas tolong kirimkan file ke e_mail ini tentang cara daur ulang kaca/beling/botol bekas yang komplit sampai jadi barang yang laku dijual seperti pas bunga,asbak dll, trus kantong kresek yang warna item kemana jualnya? soalnya di TPA Kota Banjar JABAR tempatku kerja gak ada yang mungutin tuh kresek, kalau emang ada nilai jualnya mau aku pungutin. Karna yang ngerjakan proses sanitari landfill nya sama excapatornya aku yang bawa. Terimakasih atas informasinya.

16 05 2009
Herry Nurdien

saya tertarik dengan DetaiL cara pembuatan perak murni oLeh Bapak Soeyanto, bagaimana saya mendapatkan infonya ? email ke dua8_design@yahoo.com

13 07 2009
Eddi

Mas arzek, saya ingin tahu bnyk tentang Limbah B3, bisa tolong info-nya tentang pengolahan B3. email saya : etristanto@yahoo.com
thanks b4.

22 07 2009
fatayat

Mas, q jg pngn ngolah kaleng bekas jadi barang kreasi yang manfaat. Cat yng biasa digunakan tuk melukis kleng,jenisnya apa y….? mksh bgt.Info bisa masuk ke MailQ di: fatayatnur@yahoo.co.id

2 10 2009
joko triyono

Saya masih memikirkan ,apa yang harus saya lakukan dengan sampah di tempat saya bekerja.Yakni kertas,botol plastik dan gardus,.Inginya membuat barang yang kreatif ,buak sekedar mengolah menjadi biji.Lok aa ide kreatif dari sampah saya tunggu di joko.part@yahoo.com

13 10 2009
tofan

Wah, ternyata komunitas ini yang saya cari. Saya lokasi di Semarang.
Mas Arzek terimakasih artikel-artikelnya. Saya juga pecinta limbah baik organik maupun non organik. Apalagi Bio Gass daru ‘manure’. Saat ini lagi getol ama mainan limbah kertas. Adakeh temen-temen yang mau share?

4 11 2009
andi

Bang Arezk, saya tertarik dengan pengolahan limbah B3,tapi file sharingnya error, kalo ketemu file backupnya bisa tolong email ke : azkalia@ovi.com

4 11 2009
andi

saat ini saya sudah mengumpulkan film bekas, dan fixer bekas, lumayan lah banyaknya. saya ingin sekali mengolahnya menjadi perak, tetapi saya belum mengetahui cara pengolahannya, buat teman yang mau berbagi ilmunya mohon hubungi ke azkalia@ovi.com

salam,
andi

29 12 2009
Sylviana

Halow Mas Arezk..

Saya ingin bertanya, di artikel mas kan ditulis, bahwa kaleng aerosol jangan ditusuk.. Akan meledak yah Mas??lalu setelah itu, pengolahannya bagaimana???saya sedang mencari cara untuk menangani limbah kaleng aerosol…

Terima Kasihh…^-^

19 02 2010
thendy william

salam kenal mas… sebelumnya saya sangat berterima kasih atas infonya. kebetulan sekali saya baru ingin mengeluti bisnis kain perca. jika mas tidak keberatan untuk bantu saya, saya ingin tahu dimana tempat2 yang mau menampung kain perca jenis apapun di daerah jakarta dan sekitarnya. karena saya baru memiliki 1 tempat penampungan kain2 perca koleksi saya…. terima kasih ya mas…

11 06 2010
Komeng

salam kenal, saya sangat tertarik dengan pembuatan kerajinan / souvenir dari kaca (beling). Bs tolong dikirimkan cara pengolahan beling/kaca menjadi barang2 yang berguna dan indah? Tolong kirim ke e-mail saya, Trima kasih ats kerjasamanya.

6 07 2010
Eka Agustika

salam kenal mas, tolong dikirimin donk cara pengolahan perak detailnya oleh Bapak soeyanto. trims

6 07 2010
Eka Agustika

tolong kirim ke emailku yah mas eka_agustika@yahoo.com
trims

4 09 2010
joeyusuf

TOP bgt deh postinganx.Ane jg pgen bisnis ini,tp msh bgung hrs mulai dr mn dl.Slain itu ane jg blm tau list harga dr msg2 jnis brg/sampahx,serta list prusahaan yg mau disetori/dkirimi.
Mohon pncerahan dr smua (admin/pmbaca),info bs dkirim ke email ane:
yusuf_0403@yahoo.co.id
joekompak@gmail.com

Semoga Barokah
http://www.joeyusuf.co.cc
http://www.joeyusuf.wordpress.com

Makasih

4 01 2011
alief ardi

ass wr wb. info yg hebat. pengin bisa berusaha daur ulang yg pastinya menguntungkan. kalo di desa saya banyak sampah organik, kotoran kembing, sapi , ayam dll. bisa diolah untuk pupuk organik ya…salam kenal dan sukses bos.
numpang : http://aliefardi.wordpress.com/Tips gratis membuat pupuk organik/bokashi sendiri/
dan pestisida organik di http://aliefardi.wordpress.com/

10 10 2011
sobar

Mas arez saya tertarik dengan pengolahan limbah fixer dan negatif film. Tolong saya di kirimi file pengolahan limbah fixer dan pengambilan emas dari komponen elektronika ke sobar_aja@yahoo.com. Makasih ya mas sebelumnya.

17 10 2011
arwy

saya ada barang beling pecahan dop jml banyak yg berminat hub 087753261321 (Arwy)

29 10 2011
Nandang Joe Tarigan

Saya membutuhkan botol beling limbah dari Rumah Sakit, Puskesmas, dll dalam jumlah banyak.

Keterangan 1 :
– ukuran 50ml
– diameter lubang 1cm
– diameter badan 4cm
– tinggi 7,25cm
– bekas obat MEROPONEM/AQUADES

Keterangan 2 :
– ukuran 100ml
– diameter lubang 1cm
– diameter badan 4,5cm
– tinggi 10,5cm
– Bekas obat PLASBUMIM 25

Gambar fisik ke 2 botol tsb bisa saya kirim via email

Bagi yang punya barang tersebut bisa email berikut harga.
sarana_guna@yahoo.co.id

20 03 2012
Yudhi

Gan sy pngentau usaha cara nya mengolah limbah FIXER..Link nya ga bs gan.. Mohon di PM gan hyudhis@yahoo.com

Thanks🙂

22 07 2012
Calming_Therapy.B

Hello! I realize this is sort of off-topic however I had to ask.
Does running a well-established website such as yours take a massive amount work?
I am completely new to writing a blog however I do write in my journal daily.
I’d like to start a blog so I can easily share my experience and thoughts online. Please let me know if you have any kind of recommendations or tips for brand new aspiring bloggers. Thankyou!

16 11 2012
ali

Mas ane mau tanya niee mas ko pengolaan B3 filenya nga bisa ya kk gmana kk supaya supaya dapat pengolaan b3 mas maksih

14 08 2014
iswahyudi

Tolong share cara pengolahan pixer & filmnya maz, linknya kosong. Makasih (Iswahyudi@hotmail.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: