“Si Licin” PenghasiL Duit

21 04 2007

 

sumber gambar: http://iptek.apjii.or.id/budidaya%20perikanan/PEMD/Belut/img/Belut_1_p1.jpg

Semua orang pasti tahu tentang beLut (Monopterus aLbus), hanya saja mungkin beLum semuanya merasakan keLezatan makhLuk licin ini. Sekarang ini sudah banyak warung dan bahkan restoran yang menyajikan menu beLut; baik itu beLut goreng, guLai beLut, dendeng beLut maupun menu oLahan Lainnya. Pernahkah terpikirkan oLeh Anda bahwa seLama ini beLut konsumsi hanya mengandaLkan hasiL tangkapan dari aLam yang tentu saja jumLahnya semakin menipis. Ini menjadi saLah satu peLuang yang sangat menjanjikan jika ditindakLanjuti secara serius karena ternyata beLut dapat dibudidayakan.

 

Tahukah Anda, beLut memiLiki banyak khasiat jika kita rajin mengkonsumsinya. BeLut sangat bermanfaat bagi kesehatan, seLain mampu menguatkan daya tahan tubuh, juga menormaLkan tekanan darah, menghaLuskan kuLit, mencegah penyakit mata, menguatkan daya ingat, dan membantu mencegah hepatitis. Secara khusus, kepaLa beLut jantan diyakini sebagian orang membantu meningkatkan hormon vitaLitas pria dan menghiLangkan pegaL-pegaL pada pinggang.

sumber gambar: http://www.kompas.com/kesehatan/news/0409/05/014102.jpg

Salah satu proses pengoLahan beLut yang reLatif sederhana adaLah dendeng beLut. Untuk membuat dendeng beLut, maka pertama-tama beLut dibeLah dan dibersihkan kotorannya. SeteLah dikeringkan seLanjutnya daging beLut dibumbui dengan Lengkuas, guLa, bawang putih, dan beberapa bumbu masak Lainnya. Daging yang teLah dibumbui kemudian dijemur sampai kering. Yang harus diingat adaLah belut yang akan dioLah harus segar sehingga dendeng yang dihasiLkan bisa awet sampai beberapa buLan.

 

Saya tidak akan membahas tentang pengoLahan hasiL beLut secara Lebih Lanjut tetapi justru akan Lebih terfokus pada budidaya beLut dengan cara intensif. Jadi bagi Anda yang tertarik pada pengoLahan beLut, saya mohon maaf beLum dapat memberikan data seLengkapnya, siLakan googLing, saya yakin banyak sekaLi data yang tersedia.

 

Secara garis besar ada 3 haL utama yang harus dicermati untuk memuLai budidaya beLut konsumsi, yaitu :

· KoLam

· Media PemeLiharaan

· PeLaksanaan PemeLiharaan

 

Mari kita bahas satu per satu

 

· Kolam

Pembuatan koLam pembesaran beLut diawaLi dengan perencanaan konstruksi koLam apakah berupa koLam bawah tanah (koLam gaLi) atau koLam di atas tanah (koLam tembok), seLanjutnya pemiLihan Lahan yang tepat untuk koLam. KoLam pembesaran beLut dengan menggunakan koLam permanen (tembok) memiLiki ukuran maksimaL 500 cm x 500 cm dengan kedaLaman 120cm.

Namun demikian anda juga bisa menggunakan koLam terpaL dengan ukuran 450 cm x 200 cm dengan kedaLaman 120 cm. Menggunakan koLam terpaL memang Lebih efisien dan mudah dipindahkan apabiLa ingin dipindahkan ke tempat Lain.

· Media Pemeliharaan

SeteLah koLam siap, Langkah seLanjutnya adaLah mengisi koLam dengan media pemeLiharaan dengan urutan dan ukuran sebagai berikut :

1. Jerami setinggi 25 – 40 cm.

2. Pupuk Urea 5 kg dan NPK 5 kg (koLam berukuran 500 cm x 500 cm atau perbandingannya).

3. Lumpur / tanah setinggi 5 cm.

4. Pupuk kandang setinggi 5 cm.

5. Pupuk kompos setinggi 5 cm.

6. Lumpur / tanah setinggi 5 cm.

7. Cincangan batang pohon pisang setinggi 10 cm.

8. Lumpur / tanah setinggi 15 cm.

9. Air setinggi 15 cm.

10. Eceng gondok sebanyak 3/4 Luas permukaan koLam.

 

sumber gambar: google search engine.

Media pemeLiharaan ini didiamkan agar terjadi proses permentasi seLama kurang Lebih 2 minggu atau paLing Lama 1 buLan sehingga siap untuk ditaburi bibit / benih beLut yang akan dibudidayakan. Media yang sudah terfermentasi akan menghasiLkan jentik nyamuk, zooplankton, cacing, dan jasad-jasad renik sumber yang merupakan pakan aLami beLut.

· Pelaksanaan Pemeliharaan

PeLaksanaan pembesaran dapat dimuLai seteLah koLam dan media pemeLiharaan siap. Langkah berikutnya adaLah memiLih bibit beLut yang baik agar hasiLnya dapat maksimaL. Bibit beLut harus dipiLih yang sempurna atau normaL dan menyingkirkan yang tidak normaL. BeLut yang berkuaLitas akan menghasiLkan hasil yang baik, sehingga akan berkembang dengan baik puLa.

BeLut berkuaLitas memenuhi persyaratan sebagai berikut :

1. Anggota tubuh utuh dan muLus, tidak ada Luka gigitan atau goresan.

2. Gerakan Lincah dan agresif.

3. PenampiLan sehat yang dicirikan tubuh yang keras dan tidak Lemas jika dipegang.

4. Tubuh berukuran keciL dan berwarna kuning kecokLatan.

5. Bibit berumur 1 3 buLan.

 

Membesarkan beLut hingga siap panen dari bibit umur 1-3 buLan membutuhkan waktu 7 buLan dengan cara tradisionaL. Namun dengan cara intensif mampu dipersingkat menjadi hanya maksimaL 4 buLan dengan rata-rata berbobot 400 gram per ekor. Kunci suksesnya adaLah terLetak pada media dan pengaturan pakan.

 

Sifat kanibaL yang dimiliki beLut tidak akan terjadi seLama pembesaran jika pakan tersedia daLam jumLah yang cukup. Saat masih anakan beLut tidak akan saLing mengganggu. Sifat kanibaL baru muncul saat beLut berumur 10 buLan. Jadi tidak perLu khawatir memasukkan bibit daLam jumLah besar hingga ribuan ekor daLam 1 kolam berukuran 5 m x 5 m x 1 m. Pakan yang diberikan harus segar dan hidup, seperti ikan cetoL, ikan impun, bibit ikan mas, cacing tanah, beLatung dan bekicot. Pakan diberikan minimaL sehari sekaLi di atas jam 5 sore. Untuk menambah nafsu makan dapat diberi temuLawak (Curcuma xanthorhiza), caranya sekitar 200 gram temuLawak ditumbuk LaLu direbus dengan 1 Liter air. Air rebusan dituang ke koLam pembesaran seteLah dingin, jangan sekaLi-sekaLi memasukkan air yang panas karena beLut bias stres. PiLih tempat yang biasanya dipakai beLut bersembunyi. PeLet ikan dapat diberikan sebagai pakan seLingan untuk memacu pertumbuhan dengan ditaburkan ke seLuruh area koLm. Biasanya tak sampai beberapa menit anakan beLut segera habis meLahap. PeLet diberikan maksimal 3 kaLi seminggu dengn dosis 5% dari bobot beLut yang ditebar. Jika bibit yang ditebar 40 kg maka peLet yang diberikan sekitar 2 kg.

 

Yang perLu diperhatikan seLain pakan adaLah kuaLitas air. Bibit beLut menyukai pH 5-7. SeLama pembesaran, biasanya sering terjadi perubahan air menjadi basa. Air basa akan tampak merah kecokeLatan. Penyebabnya antara Lain tingginya kadar amonia seiring bertumpuknya sisa-sisa pakan dan dekomposisi hasiL metaboLisme. BeLut yang hidup pada kondisi ini akan cepat mati. Untuk mengatasinya maka pH air perlu secara rutin dipantau, jika terjadi perubahan maka segera diberi penetraLisir.

 

Kehadiran hama seperti burung, bebek, dan berang-berang harus diwaspadai. Mereka biasanya masuk jika kondisi koLam tidak terawat. Kehadiran mereka turut mendongkrak naiknya pH karena kotoran yang dibuangnya. Hama bisa diminimaLisir dengan membuat kondisi kolam bersih dan rapi serta kontroL rutin.

Suhu air pun perLu dijaga agar tetap pada kisaran 26-28oC.  Peternak di daerah panas bersuhu 29-32oC, memerLukan hujan buatan untuk mendapatkan suhu yang ideaL. Jika diperLukan siLakan memakai shading net dan hujan buatan untuk bisa mendapat suhu 26oC. BiLa kondisi tersebut dapat terpenuhi maka pertumbuhan beLut akan maksimaL. Shading net dipasang di atas koLam agar intensitas cahaya matahari yang masuk berkurang. SeLanjutnya dipasang 3 saLuran seLang di tepi koLam untuk menciptakan hujan buatan. PerLakuan itu dapat menyeimbangkan suhu koLam sekaLigus menambah ketersediaan oksigen terLarut. Ketidakseimbangan suhu menyebabkan bibit cepat mati.

sumber gambar: google search engine

Pemasaran dapat diLakukan Langsung ke pasar-pasar, atau jika Anda dapat menjamin kuaLitas dan ketersediaan pasokan bisa juga menjaLin kerjasama dengan supermarket, tentu saja dengan modeL kemasan yang higienis dan bagus. Bahkan bukan tidak mungkin nantinya justru para tengkuLak atau pedagang yang akan datang menjemput beLut ke koLam Anda Langsung.

 

Semoga dapat memberi inspirasi dan bermanfaat bagi Anda yang tertarik, terimakasih…


Aksi

Information

29 responses

23 04 2007
Anang

wah seneng disini bisa dapat ilmu banyak…. salam

24 04 2007
arezk

@Anang:
terimakasih atas kunjungan Anda & juga apresiasi positifnya.
semoga semakin menambah semangat saya untuk terus menampiLkan artikeL bermutu yang akan membawa manfaat bagi semuanya, amien…

=SaLam.dr.Jogja=

24 04 2007
si males login

dah dimasukin blogroll om,..
wah si belut itu enak bgt klo di goreng sambel😉

25 04 2007
arezk

@ALLe (si maLes Login katanya…)
hehehe… thanks Bro!
suka beLut juga yach ternyata…

=SaLam=

12 05 2007
Fourtynine

*ngiler, soalnya dah lama banget ga makan belut*

12 05 2007
arezk

Fourtynine:
HeHeHe…thanks Bro dah menyempatkan mampir Lg…
anyway, ngiLernya jangan cuma ama rasa beLutnya doank Bro…
skaLian ama peLuang bisnis dari beLut, muantap kaLeeeee Lho Bro…

=SaLam=

29 05 2007
hot

Dear Pak Arez.,
Apa artikel ini sdh benar dan pernah di uji coba.?.
Dan kalo bisa pak, apa saya bisa di-informasikan perhitungan dana yang diperlukan dan jalur pemasarannya pak..
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

Arezk :
Terimakasih atas kunjungan Anda
ArtikeL ini sudah diLaksanakan di Lapangan secara Langsung, namun terusterang untuk sekarang ini saya masih terfokus untuk LeLe, artikeL tentang beLut saya tampiLkan sebagai peLengkap karena memang tidak jauh berbeda dari LeLe
Untuk detaiL kebutuhan dana adaLah sesuai dengan daerah masing-masing, siLakan Anda Lakukan perhitungan sendiri sesuai dengan daerah tempat Anda untuk kebutuhan yang tertera di artikeL
JaLur pemasaran biasanya untuk awaL, Anda harus mencari pasar secara mandiri baik itu ke pasar LokaL secara Langsung ataupun menjaLin kerjasama dengan konsumen yang membutuhkan pasokan beLut secara kontinyu seperti misaLnya warung makan&sentra usaha keripik beLut
Dari pengaLaman yang sudah berjaLan, seteLah Anda bisa menjamin kontinyuitas&kuaLitas produksi maka justru tengkuLak ataupun konsumen yang akan datang Langsung kepada Anda.
demikian dari saya, semoga bisa membantu…

=SaLam.dr.Jogja=

28 06 2007
duik

artikelnya bagus juga om..
tau ga info lebih lanjut tentang belut, pelatihannya mungkin?

ArezK :
Terimakasih…
Info Lebih Lanjut tentang beLut, terutama mengenai peLatihan bisa Anda dapatkan dari situs Trubus OnLine
Semoga bisa membantu

=SaLam.dr.Jogja=

8 09 2007
ahmed shahi kusuma

Kandungan gizi belutnya perlu penjelasan ya lebih terperinci donk, en mengapa di pasar tradisional kok lebih suliy dapat ya ?

ArezK :
Terimakasih sudah berkunjung, untuk kandungan gizi beLut secara terperinci, saya memang tidak mendapatkan datanya.
Mungkin Anda bisa googLing untuk mendapatkannya.
Pasar tradisionaL kebanyakan masih mengandaLkan pasokan dr penangkap beLut tradisionaL (produksi aLam) yang tentu saja dipengaruhi oLeh musim (baik musim tanam/panen padi di areaL persawahan maupun musim beLut itu sendiri).

Demikian sedikit dari saya, semoga bisa membantu.

=SaLam.dr.Jogja=

18 09 2007
krisnanto

terimakasih atas rincian yangdetail, cuma ada yang kurang , pendederan belum ada.

25 10 2007
Djuwandi Hantarbumi

sorry, kalau gue cerita true strory, tapi story kegagalan. Bibit yang kutebar selang semalam saja pada mati dan 3 hari semua mati. Usut-punya usut (mungkin) ternyata media kompos yang salah yaitu dari kotoran ayam yang walaupun sudah direndam air sampai 1 bulan ternyata masih belum matang. Yha ini cerita kegagalan pada teman beluters. Jadi saran saya jauhi dan jangan sekali-kali pakai kompos kotoran ayam.

4 01 2008
arista ardiansyah

Wah,
Terima kasih atas semua info tentang belut diatas.
saya pemula ingin sekali ternak belut.
Barangkali Mas Arezk punya rekan/info mengenai penjualan bibit daerah surabaya, mojokerto, jombang.
Salam
0857 304 12 304

11 03 2008
Putra

Salam Kenal mas.. Saya juga lagi nyoba ternak Lele..saya di Denpasar.. Kolam nya di kota pakai tembok pembatas .. dan setelah ini mau coba ternak Belut juga.. mau saya kombinasi dalam 1 kolam…
untuk sharing informasi bisa di lihat di http://tabanankarangasem.blogspot.com

4 04 2008
Nur Samsudin

yang muda yang luar biasa………..

sukses selalu tuk anda..

mas???mau tanya???
ini saya mau mendirikan rumah makan yang menu utamanya belut dan ikan kali..tapi saya belum tahu dimana sentra belut berada yang nanti bisa mensuply..mungkin mas bisa kasih saran…nanti sekaligus bibit/benih belut dimana sentranya…bls di email ato di blog saya..

sukses selalu ya…

4 04 2008
Nur Samsudin

ditunggu segera…

23 04 2008
Rozaq

Saya tinggal di Jombang, ingin coba usaha bididaya belut.
barangkali punya info di mana saya bisa dapat bibit belut di Jombang/sekitarnya ya?
terimakasih bantuannya
Email : 8rozaq@gmail.com

1 05 2008
riko

kami tinggal di slawi jawa tengah, mohon informasi tentang pembelian bibit belut yang terdekat. terima kasih.

7 10 2008
Gobang

boleh juga insya ALLAH kalo ade modal saye mao ikhtiar trnak lindung…!!!

Gobang B.A ( Betawie Asli )

14 02 2009
ayuk

langsung ja ah….. mas yg ingin saya ketahui itu adalah dimana saya bisa mendapatkan bibit belut yg terdekat dengan daerah saya, di sini belum disebutkan kan….. oh ya saya dari temanggung.

matur nuwun……

19 02 2009
asep

aku ma temen-temen lagi berencana buka kelompok usaha, salah satu unit usaha yang mau kami kelola yaitu budidaya belut pakan dengan perhitungan modal yang diperlukan cukup terjangkau dan pasar yang lumayan menjanjikan (di ecer ke tetangga satu kampung). hanya kami mengalami kesulitan mendapatkan benih/bibit belutnya. kalau untuk daerah kami (Kec. Cipanas Kab. Lebak – Rangkasbitung Prov. Banten) kira-kira kami bisa dapatkan bibitnya di mana ya mas?? atau kalo ada artikel tentang tatacara pembiakan belut, boleh banged tuh dikirim ke email aku.

Hatur Nuhun Sateacana….

19 03 2009
rarrat nara nalar

mas saya tertarik untuk berbisnis belut, tapi saya , masih bingung dimana saya bisa mendapatkan bibit di daerah saya ?
Saya tinggal di banjarmasin kalimantan seatan. Tolong infonya ya mas…
sya tunggu di email saya !

1 06 2009
aris banten

makasih mas buat informainya, tapi saya mau tanya tentang belut yang kita dapet mancing dari sawah tu kita kumpulin, trus bisa diternakin gak mas??? aris_darussalam@yahoo.com

5 02 2010
abdul malik

Belum ketinggalan kan ? Tolong Info untuk penjual bibit belut di daerah Kudus Dan sekitarnya… Hub kami di 0817557644 email gulamerah_pro@yahoo.co.id trims

9 06 2010
muhamad lutfee

saya ingin mempelajari dengan lebih lagi semua cara2 menternak belut tetapi ada satu2 perkataan yg saya kurang faham .mungkin tuan bisa translatekan kpd sy bila saya ada masa free nanti..

28 07 2010
clara

salam kenal mas
saya berminat budidaya belut, bagaimana caranya?
Saya domisili di surabaya, ingin memulai budi daya belut di daerah lamongan bersama teman.
kira kira dimana saya bisa beli bibit belut di daerah surabaya soalnya di daerah irian barat surabaya suda g ada< mohon bantuannya no hp saya085733021686.

terima kasih

clara

14 11 2010
agromania

Bongkar rahasia ternak ikan lele yang benar dari NOL.
http://www.cdbudidayalele.co.cc

081911857815

11 01 2011
andreas

salam kenal,
saya domisili di jogjakarta tertarik memulai budidaya belut di jogja, bisa minta infonya untuk keter sediaan bibit dan pemasarannya di daerah jogja

tks

21 05 2012
syam

artikel bagus buat aku yg lg bljar wirausaha….emng bingung sich tuk memillah usaha apa yg sesuai dg kita……salam

6 08 2013
Anonim

I like to disseminate information that I have accumulated through the 12 months
to assist enhance team efficiency.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: